PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH LABORATORIUM AKUNTANSI DI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39147Keywords:
Kompetensi Profesional Dosen, Motivasi Belajar, Perilaku BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi profesional Dosen dan motivasi belajar terhadap perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah Laboratorium Akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam sampel ini adalah berjumlah 282 mahasiswa dengan jumlah sampel sejumlah 165 mahasiswa melalui purposive sampling teknik. Metode survey dan uji regresi linier berganda merupakan metode teknik analisis yang digunakan. Secara simultan hasil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional dosen dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah laboratorium akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional dosen terhadap perilaku belajar mahasiswa pada mata kuliah laboratorium akuntansi di Universitas Indraprasta PGRI. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap perilaku belajar mahasiswa mahasiswa pada mata kuliah laboratorium akuntansi di Universitas Indraprasta PGRIReferences
Alam, Y. (2018a). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 16(1), 23–30. https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244
Alam, Y. (2018b). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 16(1), 23–30. https://doi.org/10.29259/jmbs.v16i1.6244
Arnila, R. A., & Ahyani, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Dasar Akuntansi Mahasiswa melalui Penerapan Direct Instruction Dengan Media Worksheet. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 389. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.40853
Dewayani, M. A., & Chasanah, C. (2017). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(2), 176–183. https://doi.org/10.31603/bisnisekonomi.v15i2.1846
Dewi, I. A. R. P., & Sari, M. M. R. (2018). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Reguler dan Non Reguler Universitas Udayana Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 2242. https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v25.i03.p23
Julia, A. P., & Hayati, F. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 6(2), 117. https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.720
Muhammad, M. (2017). PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nur Safei, M., & Setiawan, I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Bangsa Angkatan 2019. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1657–1674. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.248
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saripah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.