PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PENILAIAN TES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN I SUMBERBENDO

Authors

  • Tia Izzatul Awalia Universitas Trunodjoyo Madura
  • Sofi Khonisatur Rohmah Universitas Trunodjoyo Madura
  • Andika Adinanda Siswoyo Universitas Trunodjoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38991

Keywords:

Model Inquiri, Metode Diskusi Kelompok, Penilaian Tes.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 1 Sumberbendo melalui penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dan diskusi kelompok. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berbicara, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif. Selain itu, model ini juga berhasil meningkatkan nilai rata-rata siswa, terutama bagi mereka yang sebelumnya mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam mengatasi permasalahan serupa.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Anggrasari, L. A. (2021). Model Pembelajaran Computational Thingking Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 109–114. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1553

Asiva Noor Rachmayani. (2015). "Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pertumbuhan bisnis yang digunakan oleh pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan bisnisnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode . 6.

Asrul, Sarigih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Perdana Publishing. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149

Darikini, K. (2022). Metode Inquiri dan Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 354–360. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49466

Engel Novita Ramadani, & Dina Fitria Handayani. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159

Firman. (2015). Analisis Data Dalam Kualitatif. Article, 4, 1–13.

Halimatussadiyah, H. (2022). Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lirik Lagu Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xi Agama Man 4 Dki Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 263–280. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.211

Lubis, L. E. S. (2019). Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis , 1(1), 1–7.

Ma’sumah, Aini, S. N., & Oktaviana, A. W. (2024). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.62385/budimul.v2i1.87

Makassar, U. N. (2024). Implementasi Berpikir Reflektif Guru Profesional Sebagai Pendidik. 5(2), 147–153.

Ndruru, S., & Harefa, Y. (2023). Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 686–702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058

Putri, A., Huda, N., & Suratno, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1210–1221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1024

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2023). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427–433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rinaldi, R. (2018). Kedudukan Pembelajaran Menelaah Struktur Teks Narasi berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Peserta Didik Kelas VII Kurikulum. Doctoral Dissertasion, FKIP Unpas, 9–27.

Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Sukmawati, A., Aini, F. N., & Zulfikar, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Skolastika, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.19184/linsko.v2i2.44124

Tumang Nuraini1, Darsono2, S. (2018). PERBANDINGAN METODE INKUIRI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159

Ummah, M. S. (2019). strategi pembelajaran. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Awalia , T. I. ., Rohmah, S. K. ., & Siswoyo , A. A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PENILAIAN TES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN I SUMBERBENDO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 17889–17898. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38991

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.