PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PENILAIAN TES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN I SUMBERBENDO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38991Keywords:
Model Inquiri, Metode Diskusi Kelompok, Penilaian Tes.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN 1 Sumberbendo melalui penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dan diskusi kelompok. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berbicara, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif. Selain itu, model ini juga berhasil meningkatkan nilai rata-rata siswa, terutama bagi mereka yang sebelumnya mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam mengatasi permasalahan serupa.References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Anggrasari, L. A. (2021). Model Pembelajaran Computational Thingking Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Pascapandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Sensaseda, 1, 109–114. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1553
Asiva Noor Rachmayani. (2015). "Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pertumbuhan bisnis yang digunakan oleh pemilik usaha “SOLUSI” Cash Credit Electronic & Furniture untuk pertumbuhan bisnisnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode . 6.
Asrul, Sarigih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Perdana Publishing. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Darikini, K. (2022). Metode Inquiri dan Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 354–360. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49466
Engel Novita Ramadani, & Dina Fitria Handayani. (2024). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Objektif. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 86–96. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2159
Firman. (2015). Analisis Data Dalam Kualitatif. Article, 4, 1–13.
Halimatussadiyah, H. (2022). Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lirik Lagu Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xi Agama Man 4 Dki Jakarta Tahun Pelajaran 2021/2022. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 263–280. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.211
Lubis, L. E. S. (2019). Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis , 1(1), 1–7.
Ma’sumah, Aini, S. N., & Oktaviana, A. W. (2024). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 09–19. https://doi.org/10.62385/budimul.v2i1.87
Makassar, U. N. (2024). Implementasi Berpikir Reflektif Guru Profesional Sebagai Pendidik. 5(2), 147–153.
Ndruru, S., & Harefa, Y. (2023). Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 686–702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18058
Putri, A., Huda, N., & Suratno, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1210–1221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1024
Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2023). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427–433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Rinaldi, R. (2018). Kedudukan Pembelajaran Menelaah Struktur Teks Narasi berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Peserta Didik Kelas VII Kurikulum. Doctoral Dissertasion, FKIP Unpas, 9–27.
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Sukmawati, A., Aini, F. N., & Zulfikar, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Skolastika, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.19184/linsko.v2i2.44124
Tumang Nuraini1, Darsono2, S. (2018). PERBANDINGAN METODE INKUIRI DAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s4159
Ummah, M. S. (2019). strategi pembelajaran. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tia Izzatul Awalia , Sofi Khonisatur Rohmah, Andika Adinanda Siswoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




