PENGARUH PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA ISLAM TERPADU AL-HIJRAH DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19017Keywords:
Kemampuan Representasi Matematika Siswa, Pendekatan Matematika Realistik (PMR)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui seberapa jauh pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan repesentasi matematika siswa di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang Tahun Ajaran 2022/2023 dan mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematika dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design, Sampel penelitian ini 32 siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematika siswa pada pretest sebesar 66,41 dan pada postest sebesar 81,17. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan uji prasyarat yang telah dipenuhi dan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji t dengan analisis regresi dan pada taraf signifikasi ? = 0,05 diperoleh harga t hitung = 8,630 dengan t tabel = 1,697 karena thitung > ttabel dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan pembelajaran yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistisk (PMR) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Nilai gain score = 0,440, maka dari analisis tersebut terdapat peningkatan kemampuan representasi siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematika siswa meningkat ketika diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR).References
Agustika, G. dan Dewi, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Komptensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 4(2) : 204-214.
Aini, I.N. (2018). Etnomatematika : Matematika Dalam Kehidupan Petani Di Kabupaten Karawang. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA). 2(2) : 101-106.
Ali, H. dan Muhlisrarini. (2016). Perencanaan dan Strategi Pembelajaraan Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bani, A. (2017). Pemecahan Masalah Dan Representasi Pembelajaran Matematika. Delta-pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2) : 81-96.
Harahap, T.H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematichs Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1) : 31-39.
Jelita, L. dan Zulkarnain, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Penalaran Matematis Kelas VIII dalam Menyelesaikan soal Model TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (h.803-808). Karawang : Universitas Singaperbangsa Karawang
Pasehah, A. M. dan Firmasyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (h.1094-1108).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syamsul, H. dan Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia ( Trends In International Mathematichs And Science Study). Prosidng Seminar & Call For Paper 2019 (h. 562-565)
Zuliana, E. et all. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantuan Alat Peraga Bogpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1) : 14-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fakhrurrozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.