Tingkat Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan E-Learning dan Platform Daring
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1318Keywords:
Keaktifan Siswa, E-Learning, Pandemi COVID-19, Platform DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan E-Learning dan platform daring yang mana merupakan dampak dari adanya pandemiCOVID-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif. Dalam penelitian ini, responden yang berkaitan sebanyak 10 orang. 3 orang dari SMAN 2 Madiun, 2 orang dari SMAN 5 Madiun, 2 orang dari SMKN 1 jiwan, dan 3 orang dari SMKN 1 Madiun. Masing-masing responden tersebut adalah R1, R2, R3, R4, R5, R6, R7, R8, R9, R10. Wawancara dilaksanakan secara baik, sopan, dan terstruktur sesuai dengan pernyataan yang telah disusun dengan baik serta dikembangkan sesuai dengan permasalahan terkait. Hasil dari penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena faktor kurangnya kreativitas pendidik dalam pembelajaran dan kurangnya kesadaran siswa dalam pembelajaran di masa pandemi ini.References
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases. Wellnes And Healthy Magazine, 187-192.
Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif, 55-61.
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19. BIODIK, 214-224.
Rahardjo, M. (2011, Juni Jumat). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Diambil kembali dari UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG: https://www.uin-malang.ac.id/r/110601/metode-pengumpulan-data-penelitian-kualitatif.html
Ashari, M. (2020, Maret Jumat). Pikiran Rakyat. Diambil kembali dari Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipsi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal
Rahman, H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 28-37.
Hartanto. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1-18.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.