PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS PROYEK: STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KESIAPAN BERWIRAUSAHA DESAIN BUSANA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.38477Keywords:
Project-Based Learning, Desain Busana, Kewirausahaan, Teaching Factory, Kesiapan Kerja.Abstract
Model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PBL) telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kesiapan siswa kejuruan, khususnya di bidang desain busana dan kewirausahaan. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kontribusi PBL terhadap peningkatan keterampilan kreatif, teknis, dan kewirausahaan siswa serta mengeksplorasi strategi optimalisasi PBL dalam pendidikan kejuruan. Hasil kajian menunjukkan bahwa PBL memberikan pengalaman pembelajaran berbasis proyek nyata yang memfasilitasi siswa dalam berpikir kritis, fleksibilitas, kolaborasi, dan menghasilkan produk inovatif yang relevan dengan kebutuhan industri. Pendekatan teaching factory yang terintegrasi dengan PBL juga menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan penyerapan lulusan ke dunia kerja dan kewirausahaan hingga 20%. Namun, tantangan seperti motivasi siswa, keterbatasan fasilitas praktikum, dan pelatihan guru masih menjadi kendala dalam implementasi. Rekomendasi dari kajian ini adalah meningkatkan kolaborasi antara sekolah dan industri, penyediaan alat dan bahan pembelajaran yang memadai, serta pelatihan khusus bagi guru untuk mengoptimalkan penerapan PBL. Dengan demikian, PBL merupakan pendekatan yang relevan dan strategis untuk mempersiapkan siswa kejuruan dalam menghadapi tantangan dunia kerja dan kewirausahaan.References
Aspers, P., & Skov, L. (2006). Encounters in the Global Fashion Business. Current Sociology, 54(5), 802–813. https://doi.org/10.1177/0011392106066817.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.
DOI: 10.1080/00098650903505415.
Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay Company. DOI.
Gredler, M. E. (2001). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Iliani, A. I., Nurhadi, D., Zahro, S., & Ching, S. J. (2022). Entrepreneurship Development Based on Teaching Factory in Fashion Design Skill Program at Vocational High School. Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 45(2), 168-173. DOI.
Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2017).The Seven Steps of Project-Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. ICTVT 2017 International Conference Proceedings.DOI: 10.2991/ICTVT-17.2017.4.
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016).Project-Based Learning: A Review of the Literature. Improving Schools, 19(3), 267–277.
DOI: 10.1177/1365480216659733.
Munawaroh, S., Sukjai, I. S., & Putri, I. M. (2021). Students' Creativity in Project-Based Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 542, 376-379. DOI.
Sumarni, W. (2013).The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project-Based Learning: A Review. International Journal of Science Research.
Tindowen, D. J. C., Bassig, J. M., & Cagurangan, J. A. (2017).Twenty-First-Century Skills of Alternative Learning System Learners. SAGE Open, 7(3), 2158244017726116.
DOI: 10.1177/2158244017726116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasmah Hasmah, Syahrul Syahrul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




