PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL PAKAIAN DI GUDANG 35 KOTA MAKASSAR

Authors

  • Dwiyanti Dwiyanti Universitas Patompo
  • Nur Aslindawaty Universitas Patompo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37031

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini berguna untuk mengetahui harga serta kualitas pelayanan berpengaruh berkenaan dengan keputusan pembelian secara parsial dan simultan pada Toko Ritel pakaian di Gudang 35 kota Makassar. Jenis penelitian dalam pengkajian berikut yakni penelitian Kuantitatif. Populasi dalam pengkajian berikut menggunakan Teknik purpose sampling, adapun populasinya adalah seluruh pengunjung Toko Ritel Pakaian Di Gudang 35 Kota Makassar pada saat melakukan penelitian. Teknik penghimpunan data yang dipakai yakni kuesioner, interviu, observasi serta dokumentasi. Data dianalisis dengan mengaplikasikan teknik analisis regresi linier berganda, uji t dengan memakai bantuan program SPSS. Berlandaskan perolehan penelitian, variabel Kualitas harga terhadap keputusan konsumen diketahui memiliki angka signifikan sebesar 0,006 < 0,05. Hal ini menjabarkan ada pengaruh positif dan signifikan antara peubah harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Ritel Pakaian di Gudang 35 Kota Makassar. Kualitas pelayanan berkenaan dengan keputusan pembelian konsumen diketahui mempunyai angka yang signifikan senilai 0,001 < 0,05. Hal ini menjabarkan ada dampak positif dan signifikan antara peubah kualitas pelayanan berkenaan dengan keputusan pembelian Konsumen Pada Toko Ritel Pakaian di Gudang 35 Kota Makassar . Peubah Kualitas harga dan kualitas pelayanan signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwasanya peubah kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh positif serta signifikan berkenaan dengan keputusan pembelian pada Toko Ritel Pakaian di Gudang 35 Kota Makassar. Secara koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,712, hal ini menunjukkan arti bahwa 71,2% peubah harga, kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sisanya 28,8% dapat dijabarkan oleh peubah lainnya yang tidak diuji dalam pengkajian ini.

References

Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia group.

Philip, kotler. (2011). Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta: Selemba Empat Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Sopiah, Etta Mamang Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen.Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Adminitrasi.Bandung: Alfaabeta, CV. Suharto. Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan

Suprihati dan Wikan, Budi Utami. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi di Kelurahan Gonilan Kabupaten ukoharjo. jurnal paradigma. Vol.13, no. 01, Februari-Juli (2015).

Suprihati dan Wikan, Budi Utami. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi di Kelurahan Gonilan Kabupaten ukoharjo. jurnal paradigma. Vol.13, no. 01, Februari-Juli (2015).

Lupiyoadi, rambat. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa dan Praktek.Jakarta: Selembang Empat.

Variabel Sosial dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. deripatif. Vol,10. No,1.April (2016)

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Dwiyanti, D., & Aslindawaty, N. . (2024). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO RITEL PAKAIAN DI GUDANG 35 KOTA MAKASSAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15998–16004. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37031