EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MIND, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII UPT SPF SMP NEGERI 49 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23987Keywords:
Efektivitas , Model Pembelajaran MASTER, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Our, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan desain tunggal One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah rombongan belajar kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar, sedangkan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII UPT SPF SMP negeri 49 makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pada pretest kategori hasil belajar siswa yaitu 34 siswa atau 100% berada pada kategori sangat rendah, dengan rata-rata hasil belajar 36,47. 2) Pada posttest kategori hasil belajar yaitu 21 siswa atau 61,76% berada pada kategori Tinggi, dengan rata-rata hail belajar 81,32. 3) Uji T menunjukkan bahwa , nilai Thitung = 37,248 > Ttabel = 1,70 dapat di lihat juga dari perhitungan taraf signifikannya apabila H0 = Sig ? 0,05 (5%) diterima atau H1 = Sig < 0,05 (5%) diterima diketahui nilai signifikasi 0,0001. Karena nilai Sig 0,0001 < 0,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, maka ada pengaruh signifkan efektivitas model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search Our, Trigger, Exhibit, Reflect) terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 49 Makassar.References
Adi, Sobron.2020. Studi Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV.Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 3 No 3.Sukoharjo. Diakses 19 Februari Kemdiknas. (2013). Perkembangan Pendidikan Budaya Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Lubis, Mawardi.2008. Evaluasi Hasil Belajar.Bengkulu. Pustaka Belajar. Diakses 16 Januari 2022
K.P. Wahyuni, N.M.S Mertasari, I.N. Gita. Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Midmapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Negeri 3 Singaraja.Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha.Vol X No 2.Singaraja. Diakses 15 Desember 2021
Matondang, Zulkifli.2019. Evaluasi Hasil Belajar.Jakarta : Yayasan Kita Menulis.Diakses 20 April 2022
Muhibbin Syah.1999.Psikologi Belajar. Jakarta : PT Logos Wacana Ilmu. Diakses 27 April 2022
Nana Syaodih Sukmadinata .2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Diakses 27 April 2022
Nurlaili dan Febrina.2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran MASTER Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.Jurnal.Samarinda.Universitas Mulawarman.Diakses 25 Feb 2022
Opi Supiyah.2010. Model Kuasi dan Pemecahan Masalah dalam Matematika.Universitas Pendidikan Indonesia.Bandung. Diakases 16 Desember 2022
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2012.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung. PT Raja Grafindo Persada. Diakses 20 November 2021
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif,dan . . . 147. Diakses 3 Februari 2022
Tiro. 2015.Dasar-dasar Statistika.Makassar.State University Of Makassar. Diakses 5 Januari 2022
Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta. Diakses 18 Juni 2022
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara. Diakases 19 Juni 2022
Wahyuni,V.N. 2021.Efektifitas Penggunaan Google Meet Dalam Pembelajaran Daring TerhadapPeningkatan Hasil Belajar SiswaKelasV Sd Al-IslamPlus Krian Sidoarjo. Skripsi. Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya. Diakses 2 Januari 2022
Soal Pretest
https://www.ahzaa.net/2021/03/seri-latihan-ips-kelas-8-smp-mts.html?m=1 Diakses 13 Mei 2022 Soal Posttest
https://www.ahzaa.net/2021/03/seri-latihan-soal-ips-kelas-8-smp-mts.html Diakses 13 Mei 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Aslindawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.