PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS V SD INPRES JIPANG

Authors

  • Azizah Aulia Universitas Negeri Makassar
  • Erma Suryani Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34700

Keywords:

Kooperatif Time Token, Picture Puzlle, Hasil Belajar IPA

Abstract

Peserta didik pasif dalam pembelajaran karena kurang dilibatkan dalam pembelajaran akibat dari pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan picture puzzle terhadap hasil belajar IPA pada kelas V SD Inpres Jipang, (2) untuk menggambarkan hasil belajar IPA pada kelas V SD Inpres Jipang, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan picture puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Inpres Jipang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Inpres Jipang, sampelnya 15 peserta didik kelas Va dan 15 peserta didik kelas Vb yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

References

Asiyah, P. (2017). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang 2017. Eprintslib.Ummgl.Ac.Id, 109.

Fadhliyani, L., Yumni, A., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Picture Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Binjai. Nizhamiyah, 12(2).

Gaol, M. L., Ratnawati, R., & Handayani, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Ipa Tema 8 Di Sekolah. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 277. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1426

Harefa, D. (2020). Perkembangan belajar sains dalam model pembelajaran. CV. Kekata Group

Ilmi, A. M., Sahabuddin, E. S., & Atjo, S. E. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pedagogik dan Teknologi, 1(1), 80-85.

Latifah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1), 13-23.

Muhammad, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas IV Pada Tema 5 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 SDN 4 Bajur Tahun 2021-2022 (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Panggabean, Fernando,.Simanjuntak,Mariati P,.Florenza, Mia,. Sinaga,Lastama,.& Rahmadani, Sri. 2021. Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia(JPPIPAI), 2(1):7-12.

Pardede, L., & Pardede, D. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Menapaki Jalan Terjal Penegakan Ham Di Indonesia Di Kelas Xi Semester I Sma Negeri Sipahutar Taput Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Darma Agung, 29(2), 180. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.1059

Perawati, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Angkola Sangkunur. Mathedu, 2(1), 50–54.

Santriana Son, R. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 284–291. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p284-291

Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Nominal Group Technique (NGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and Development, 9(2).

Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076-4084.

Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikuum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Son, R. S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 284-291.

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Tri Larasasri, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Picture Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Ipa Peserta Didik Kelas V SDN 21 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Veryani, A. N., & Astuti, W. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas X Ipa Sma Madani Makassar. CELEBES BIODIVERSITAS, 5(2), 47–51.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Aulia , A. ., Sahabuddin , E. S., & Idrus, N. A. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS V SD INPRES JIPANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13472–13478. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34700