PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI BOALEMO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36792Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar Ips, Media Pembelajaran, Video, Tunagrahita Ringan, Kabupaten BoalemoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips melalui media pembelajaran video pada peserta didik tunagrahita ringan di sekolah luar biasa (slb) negeri boalemo, metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dan tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa-siswi tunagrahita ringan di sekolah luar biasa (SLB) negeri boalemo yang berjumlah 20 oarang, indikator keberhasilan dari penelitian ini ditandai pada hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 5 orang dengan presentase 25% dan yang mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu 15 orang dengan presentase 75 %. Setalah dilakukan tindakan siklus I yang dinyatakan tuntas 8 orang dengan presentase 40% dan yang tidak tuntas 12 orang dengan presentase 60%. Setalah tindakan siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan 18 orang dengan presentase 90% dan yang belum mencapai ketuntasan 2 orang dengan presentase 10%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berupa video mampu meningkatkan hasil belajar siswa tunagrahita ringan pada mata pelajaran ips di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri BoalemoReferences
Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Burhayani, Nuridah, S., Sautra Andi Muh Akbar, Sarumaha, Y. A., & Anyan. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 166–172. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/ondex/php/jrpp
Marlina, E. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Sukasetia Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sumber Daya Alam Dengan Media Pembelajaran Video. JGURUKU: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), 187–193.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1129
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohamad Akuba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.