ANALISIS BUTIR SOAL MULTIPLE CHOICE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SD INSAN CENDEKIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36785Keywords:
Analisis Butir Soal, Multiple Choice, Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal terhadap pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD Insan Cendekia. Butir soal yang digunakan sebagai assessment harus memiliki kualitas secara objektif yang dapat dipertanggungjawabkan, maka soal dianalisis secara statistik yang meliputi (1) analisis validitas, (2) analisis reliabilitas, (3) analisis tingkat kesukaran, dan (4) analisis daya pembeda soal. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bersifat evaluasi yang melibatkan 30 siswa di SD Insan Cendekia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Analisis terhadap data butir soal dilakukan dengan menggunakan program SPSS 27. Pengembangan alat ukur evaluasi berupa soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep tentang pembelajaran Bahasa Indonesia pada SD Insan Cendekia telah berhasil. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh soal yang diujikan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang berkualitas. Hasil uji indeks kesukaran menunjukkan butir soal berada pada di kategori mudah 25%, butir soal berada pada di kategori sedang 75% dan butir soal Sedangkan Uji daya pembeda soal Hasil uji menunjukkan butir soal berada pada level baik sekali dengan presentasi 50%, soal berada di kategori baik dengan presentasi 40%, dan soal berada di kategori cukup dengan presentasi 10%. Soal-soal yang disajikan tersebut dapat di analisis dengan hasil valid dan reliabel serta dapat didistribusikan dengan baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal tersebut sudah layak untuk digunakan dalam ujian tengah semester. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya senantiasa menyiapkan soal cadangan untuk menggantikan soal dengan kategori tidak baik, revisi dapat dilakukan terhadap soal dengan kategori cukup baik untuk selanjutnya dapat digunakan kembali, dan soal dengan kategori baik dapat dimasukkan ke bank soal.References
Hanan, M. P., Jannah, R. R., & Alim, J. A. (2023). Analisis Butir Soal Matematika Materi Kpk Dan Fpb Berbasis Cerita Di Sdn 111 Pekanbaru. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 3(1). Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V3i1.538
Hidayatunnisa’i, Kusrini, & Kusnawi. (2023). Perbandingan Kinerja Metode Naïve Bayes Dan Support Machine (Svm) Dalam Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda. Jurnal Fasilkom, 13(02). Https://Doi.Org/10.37859/Jf.V13i02.5087
Inawati, Arya, A., & Lasmiatun. (2022). Analisis Tingkat Kesulitan Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Buatan Guru. Bastrando, Vol 1(No 2).
Ismiyati, I., Raharjo, T. H., Tusyanah, T., & Sholikah, M. (2023). Pelatihan Analisis Butir Soal Berdasarkan Teori Tes Klasik Berbantuan Iteman Untuk Meningkatkan Kualitas Instrumen Penilaian. Japi (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(2). Https://Doi.Org/10.33366/Japi.V8i2.5064
Jumini, S., Madnasri, S., Cahyono, E., & Parmin, P. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Pengukuran Literasi Sains Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.
Kusumayanti, A., & Jannah, N. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Masuk Mandiri Uin Alauddin Makassar Dengan Teori Tes Modern. Mapan?: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 10(1).
Marambaawang, D., Bano, V. O., & Hada Enda, R. R. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Tahun 2021/2022 Menggunakan Iteman Di Smp Negeri 1 Kambera. Dharmas Education Journal (De_Journal), 4(1). Https://Doi.Org/10.56667/Dejournal.V4i1.961
Mira, K., Hayon, V. H. B., & Tinenti, Y. R. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Lamba Leda Manggarai Timur. Wahana, 73(2). Https://Doi.Org/10.36456/Wahana.V73i2.4201
Nur Cahyo, A., Luriawati, D., & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan Pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas Xi. Jbsi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01). Https://Doi.Org/10.47709/Jbsi.V2i01.1493
Pradani, R. A., & Efendi, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Menggunakan Program Iteman (Analysis Of School Exam Questions Using The Iteman Program). Indonesian Language Education And Literature, 8(2). Https://Doi.Org/10.24235/Ileal.V8i2.11002
Prawiki, S. M., & Helendra. (2022). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Negeri 1 Teluk Sebong. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(2).
Putri Andini, D., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal Pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Di Smp It Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V6i2.658
Rahayu, W., Sulaeman, E., Arnawisuda Ningsi, B., Arofah, I., & Akbari, W. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Butir Soal Berbasis Literasi Numerik. Perduli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01). Https://Doi.Org/10.21009/Perduli.V4i01.30490
Riau, U. I., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal Literasi Membaca Pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa Smk. In Sastra Indonesia Dan Daerah (Vol. 13, Issue 2).
Rismaulhijjah, W., & Kuswanti, N. (2022). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Hasil Pengembangan Guru Materi Sistem Gerak Manusia Kelas Xi Ipa. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(3). Https://Doi.Org/10.26740/Bioedu.V11n3.P643-661
Sari, R. P. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Kelas Xi Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(1). Https://Doi.Org/10.32696/Jp2mipa.V7i1.1360
Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati. (2022). Kualitas Soal Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Soal Vina. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (25th Ed.). Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta.
Verawati, Y., Siskawati, F. S., & Susilaningtyas, T. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (Uas) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Kelas Vii Smp Islam At Tanwir Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01). Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V3i01.422
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Chusnul Chotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.