IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENDIDIKAN ISLAM: INTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36750Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Islam, Nilai-Nilai Keislaman, Kemandirian Belajar.Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pendidikan Islam di Indonesia menawarkan peluang yang signifikan untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan kemandirian belajar. Namun, tantangan yang ada perlu diatasi melalui kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, serta dukungan yang kuat dari guru dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan, yang fokus pada pengumpulan dan analisis data dari literatur tertulis yang relevan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Proses integrasi nilai-nilai keislaman dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah melalui Integrasi nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran, penerapan nilai Islam dalam pembelajaran berbasis proyek, peran lingkungan belajar yang islami, keterlibatan guru sebagai fasilitator nilai-nilai keislaman dan tantangan dalam integrasi nilai-nilai Islam.2). Proses integrasi kemandirian belajar dalam kurikulum merdeka pada lembaga pendidikan Islam adalah melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek, pendekatan pembelajaran diferensiasi, pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam, guru sebagai pembimbing, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan tantangan dalam menerapkan kemandirian belajar. 3). Peran guru pendidikan agama Islam dalam integrasi nilai-nilai keislaman dan kemandirian belajar dalam kurikulum pada lembaga pendidikan Islam adalah guru pai sebagai model integrasi nilai keislaman, pembelajaran berbasis nilai-nilai islam, membimbing kemandirian belajar dengan pendekatan islami, peran sebagai fasilitator dalam pembelajaran aktif, penggunaan teknologi untuk mendukung pembelajaran mandiri dan tantangan dalam mengintegrasikan kemandirian belajar dan nilai keislaman.References
Ali, R. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Q.S. Yunus/10 : 40-41 Dan Q.S. Al-Maidah/5: 32 Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI Semester Satu SMK Negeri 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Education Action Research, 5(3). https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34957
Amma, T. (2018). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 70-78. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i2.516
Arisanti, D. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243-250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Dewi, D., & Sulaeman, A. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Wanadadi. Alhamra Jurnal Studi Islam, 1(1), 47. https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i1.9116
Fahlevi, M. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi Dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184-194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184-194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418
Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma, 1(1), 20-37. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4
Herawati, H., & Yaumi, M. (2014). Evaluasi Program Pendampingan Guru SD Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 281-295. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a10
Hidayat, D., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A., Riyanda, A., & Adi, N. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kinanti, V. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. J-Pimat Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 635-644. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2280
Manizar, E. (2018). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Tadrib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 251. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1796
Marlina, M., & Iswati, I. (2018). Pengembangan Kurikulum PTAI Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.305
Marlina, M., & Iswati, I. (2018). Pengembangan Kurikulum PTAI Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.305
Muslimin, I. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43-57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57
Muslimin, I. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43-57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57
Muzakki, M. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Islami Di Sekolah Penggerak. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 167-178. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4063
Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Kepemimpinan Transformatif Di Lembaga Pendidikan Islam. Produ Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2247
Nofia, N. (2020). Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri Di Indonesia. Produ Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3328
Noviani, D. (2020). Inovasi Kurikulum Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum. Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17-37. https://doi.org/10.53649/taujih.v2i1.73
Qomarudin, M. (2019). Model Pengembangan Kurikulum PAI Multikultural. Al-I Tibar Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 98-101. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.647
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y., Hernawan, A., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahim, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Uwemagari Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 103. https://doi.org/10.37728/jpr.v7i1.556
Saefuddin, A., Rukajat, A., & Herdiana, Y. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pendidikan, 10(1), 7-17. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.1266
Shalehah, N. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70-81. https://doi.org/10.33387/cp.v5i1.6043
Shalehah, N. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70-81. https://doi.org/10.33387/cp.v5i1.6043
Subarkah, E., & Mubarak, A. (2022). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran PPKn Dan Ekstrakurikuler. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 819-828. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2678
Sukini, S. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 PAI Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SDN Pelita Karya Dan SDN Cintamarga. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(8), 910-919. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i8.184
Susilawati, S. (2016). Karakter Religius Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 98. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.498
Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1-17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526
Tresnaningsih, F., Santi, D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas III SDN Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Tujuh, S. (2019). Pentingnya Ganjaran Dan Hukuman Terhadap Perilaku Kemandirian Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam. Mawa Izh Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 6(1), 15-20. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i1.864
Wahyudin, D., Rusman, R., & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan Life Skills Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada SMA (Sekolah Menengah Atas) Di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan, 2(1), 65-80. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i1.6023
Wasilah, N. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10964-10971. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3582
Wekke, I., & Astuti, R. (2017). Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah: Implementasi Di Wilayah Minoritas Muslim. Tadris Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 33. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1736
Yasir, Z. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Malaikat Dan Tugasnya Pada Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SDN 46 Tuanku Amir. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 242-250. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2025
Yustinus, Y. (2023). Strategik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (Jimpian), 3, 11-24. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2902
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.