KORELASI KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL-SOAL FISIKA DENGAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA MAN 2 ACEH BARAT

Authors

  • Mainisa Mainisa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Misbahul Jannah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Luthfi Putriana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36673

Keywords:

Kemampuan Numerik, Kemampuan Penyelesaian Soal Fisika, Materi Getaran Harmonis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar peserta didik kemampuan numeriknya rendah, maka efeknya tingkat kemampuan penyelesaian soal Fisika juga rendah. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis kemampuan numerik siswa kelas XI MIA1 MAN 2 Aceh Barat, (2) menganalisis kemampuan penyelesaian soal-soal Fisika siswa pada materi Getaran Harmonis, serta (3) menganalisis hubungan kemampuan numerik dengan kemampuan penyelesaian soal-soal Fisika pada materi Getaran Harmonis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional bersifat ex post facto, dengan menggunakan desain studi hubungan dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA1 MAN 2 Aceh Barat dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random samping. Instrumen yang digunakan yaitu soal Tes Numerik dan soal Tes Fisika materi Getaran Harmonis. Teknik pengumpulan data dengan metode tes yaitu Tes Kemampuan Numerik dan Tes Kemampuan Penyelesaian Soal Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sebagian besar kemampuan numerik siswa termasuk kategori sangat kurang (rentang nilai 0-49), sedangkan kemampuan penyelesaian soal termasuk kategori sangat rendah (rentang nilai 0-54), dan diperoleh koefisien korelasi dengan nilai rhitung = 0,958 dan rtabel = 0,3515, sehingga nilai rhitung  rtabel  artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan kemampuan penyelesaian soal Fisika pada konsep Getaran Harmonis kelas XI MIA1 MAN 2 Aceh Barat.

References

Aisyah, P.N. 2018. Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education : IKIP Siliwangi, Vol.1(1), 59.

Afriza, Satria dkk. 2016. Pengaruh Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Fisika Siwa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Vol. 1, No. 4.

Achdiyat, Maman. 2017. Kecerdasan Visual –Spasial, Kemampuan Numerik, dan Pretasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif : Universitas Indraprasta PGRI, 7(3).

Akbar, P. 2018. Analisis kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Journal Cendekia : IKIP Siliwangi,Vol.2 (1), 145.

Alauddin, Nurlatifah. 2017. Hubungan Hasil Tes Bakat Numerikal dengan Prestasi Belajar Matematika siswa SMA. Prosidin Seminar Bimbingan dan Konseling : Universitas Negeri Yogyakarta, Vol.1, No.1.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta, 174

Cahyono, T.D. 2016. Kontribusi Kemampuan Numerik dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrolisis Kelas XI MIA1 dan XI MIA5 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia : Universitas Sebelas Maret, Vol. 6(2), 81.

Lanur, Derfina Agustavira dkk, Hubungan Kemampuan Numerik dan Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika : PYTHAGORAS, 2019, 14 (2), 224.

Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta, Garudhawaca.

Gunur, B. 2018. Hubungan antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Perdesaan, Jurnal Matematika dan Pembelajaran : STKIP Santu Paulus Matematika, Vol.6(2), 148.

Hakim, Arif Rahman. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Jurnal Formatif : Universitas Indraprasta PGRI 4(3), 197.

Haliana Wa Ode, dkk. 2018. Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kendari Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Disposisi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 9 (3)

Irawan, Ari. 2015. Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berfikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4 (1).

Lefudin. 2014. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta, CV. BUDI UTAMA.

Magfur, Moh Hadi. 2016. Hubungan Kemampuan Numerik Dan Kemampuan Penalaran Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Balung Tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Jember : Repository Universitas Jember.

Melani, A. E. T. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Gianyar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha : Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. X(1), 3.

Naufa, Wirda. 2017. Hubungan Partisipasi Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banda Aceh. Pendidikan Geografi : FKIP Unsyiah.

Noviarti, dkk. 2020. Hubungan Motivasi Belajar Matematika Dengan Kemampuan Numerik Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol 5, No 2, 98.

Nurdin, Andi Nurbaeti. 2017. Analisis Hubungan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Muhammadiyah di Makassar, Jurnal Pendidikan Fisika : Universitas Muhammadiyah Makassar, Vol. 5, No. 2, 193.

Pulungan, A. 2017. Pengaruh Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Topik Aljabar Di Kelas VIII MTs Persiapan Negeri Bintang Sembilan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, Journal Logaritma, Vol.5(2), 40.

Rahmawati, Puji. 2018. Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan. Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Sariningsih, Ratna dkk. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika : STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 1, No. 1.

Suardi, M. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish, 17.

Sugiarto, Muh. dkk. 2016. Studi Kemampuan Menyelesaikan Soal – Soal Fisika Menurut Langkah Pemecahan Masalah Polya Pada Peserta Didik XI IPA SMA NEGERI 1 BARAKA KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika : Universitas Negeri Makassar, 12(2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabet.

Sukmawati. 2017. Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Geometri Transformasi, Pendidikan Matematika : FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 59.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Zikriah. 2018. Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Matematika. Jurnal SAP : Universitas Indraprasta PGRI, Vol. 3 No. 1.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Mainisa, M., Jannah, M. ., & Putriana, L. . (2024). KORELASI KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL-SOAL FISIKA DENGAN KEMAMPUAN NUMERIK SISWA MAN 2 ACEH BARAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15395–15404. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36673

Similar Articles

<< < 102 103 104 105 106 107 

You may also start an advanced similarity search for this article.