STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TUNTAS BACA AL-QUR’AN DI SMAN 2 SABANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.39958Keywords:
Strategi, Guru, PAI, Tuntas Baca Al-Qur’anAbstract
Metode yang digunakan Guru PAI SMAN 2 Sabang dalam pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an yaitu dengan berbagai macam metode salah satunya adalah metode An-Nahdliyah. Yakni metode yang menggunakan ketukan. Mentor senantiasa membimbing siswa dengan metode yang baik dan pas. Salah satu langkahnya dengan melakukan pengelompokan pada siswa berdasarkan kemampuannya. Guru PAI SMAN 2 Sabang memberikan apresiasi kepada murid agar selalu termotivasi dalam belajar Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research). Sumber data primer adalah Guru PAI dan siswa SMAN 2 Sabang. Sumber Data Sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui literature-literatur seperti artikel jurnal, buku referensi dan lainnya yang terkait erat dengan fokus masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelaksanaan, evaluasi, dan kendala dalam Program Tuntas Baca Al-Qur’an di SMAN 2 Sabang menunjukkan bahwa program ini dilakukan secara terstruktur melalui tahapan yang jelas, mulai dari identifikasi tingkat kemampuan siswa hingga perencanaan evaluasi yang komprehensif. Pelaksanaan program melibatkan pengajaran dengan metode variatif dan penggunaan alat bantu yang adaptif. Evaluasi dilakukan secara berkala dan melibatkan berbagai bentuk penilaian. Namun, program ini menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu, fasilitas, dukungan sumber daya, dan motivasi siswa, yang memerlukan perhatian lebih agar program dapat berjalan lebih efektif.References
Agung, S. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membina Akhlak Siswa di SMPN 1 Cibarusah Bekasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1429-1437. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.256
Alfaini, L. (2022). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Membaca dan Menulis Al-Quran Santri di TPQ Darul Karomah Malang. Muta Allim Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 271-280. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.1466
Asmiyanti, A. and Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pendampingan Individu terhadap Kemampuan Baca Al-Quran Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 258-266. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.156
Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565-2571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2460
Diana, R. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di Era Globalisasi. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 525. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3367
Fazalani, R., Tabroni, I., Syafruddin, S., Hamirul, H., Diana, E., Alfiyanto, A., … & Hidayati, F. (2022). Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an untuk Meningkatkan Minat Anak dalam Membaca Al-Qur’an Selama Pandemi COVID-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 595-604. https://doi.org/10.47679/ib.2022271
Idhar, I. (2018). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik. Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(1), 314-328. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i1.104
Ismail, M. (2023). Kemampuan Guru PAUD dalam Membaca Al-Quran di Kabupaten Gayo Lues. Pionir Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17448
Jannah, I. and Aminah, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember. Al-Adabiyah Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 144-159. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.71
Jannah, S., Suhardini, A., & Hayati, F. (2022). Implementasi Metode Ummi Secara Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Orang Dewasa. Bandung Conference Series Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2188
Jayanti, I., Cahyo, A., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69-79. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19184
Khoiruddin, H. dan Kustiani, A. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema Islamic Educational Management, 5(1), 55-68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546
Mirnawati, M., Oktavianty, N., Judrah, M., Safaruddin, S., & Akbar, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 35-40. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.106
Muhammad, D., Luayyin, R., & Karimah, U. (2022). Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an. Risâlah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 915-930. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300
Mulasi, S., & Saputra, F. (2019). Problematika Pembelajaran PAI pada Madrasah Tsanawiyah di Wilayah Barat Selatan Aceh. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 18(2). https://doi.org/10.22373/jif.v18i2.788
Ningsih, I. (2022). Manajemen Diklat Metode Tilawati dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Qur’an di Jawa Barat (Studi Penelitian Tilawati Center Jabar 1). Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2214-2219. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.699
Nurdin, T. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam melalui Forum Guru di Kabupaten Gowa. Educandum, 9(2), 274-282. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i2.1251
Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan, BAB II Pasal 3 dan 4.
Rinah, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al-Qur'an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 5(3), 7210-7220. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1450
Saddang, M., Abubakar, A., & Munir, M. (2018). Implementasi Metode Diroza dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Makassar. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 481-500. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6547
Salehah, Y. (2023). Implementasi Tahfiz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi. Murhum Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 504-519. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.235
Samsirin, S. (2023). Improvisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan Ngawi Jawa Timur. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 195-201. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3632
Setiawati, I. (2021). Manajemen Pengawasan terhadap Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10). https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i10.220
Sopian, A., Najili, H., Arifin, B., & Ruswandi, U. (2022). Proyeksi dan Kritik Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar, Menengah dan Perguruan Tinggi. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5193-5201. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1199
Srijatun, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqra pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25-42. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.1.1321
Sunanto, Musrifah. (2005). Sejarah Peradaban Islam Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syafaruddin, S., Mesiono, M., Butar-butar, A., & Assingkily, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Auladuna Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 32. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a4.2020
Untari, R. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Baca Al-Qur’an Siswa melalui Learning Together Technique of Cooperative Learning Method. Jie (Journal of Islamic Education), 6(1), 18. https://doi.org/10.52615/jie.v6i1.193
Winata, K., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Al-Qur’an melalui Guru Pendidikan Agama Islam. J-Pai Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.8035
Zakiah, Drajat. (1996). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hariyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




