IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN DI SEKOLAH

Authors

  • Julia Larasanti Universitas Tanjungpura
  • Usman Radiana Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35885

Keywords:

Pembelajaran Sosial Emosional, Pencegahan Kekerasan, Iklim Sekolah

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pembelajaran sosial emosional (SEL) dalam pencegahan kekerasan di sekolah di Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini melibatkan analisis dokumen, survei online, dan kajian literatur. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dari Januari 2024 hingga Juni 2024 terjadi kekerasan di lingkungan pendidikan sebanyak 84 kasus, sedangkan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mencatat kasus-kasus kekerasan di satuan pendidikan selama Januari- September 2024 sebanyak 36 kasus. Artinya bahwa kekerasan masih banyak terjadi di lingkungan sekolah. Sehingga perlu metode dan strategi efektif dalam pembelajaran untuk menurunkan kasus-kasus kekerasan di sekolah. Strategi efektif mencakup integrasi SEL dengan kurikulum reguler, pengembangan profesional guru berkelanjutan, dan pendekatan seluruh sekolah. Penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan SEL ke dalam kebijakan pendidikan nasional dan praktik sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif. Faktor-faktor kunci keberhasilan meliputi dukungan administratif, kompetensi guru, dan keterlibatan orang tua. Implikasi untuk kebijakan pendidikan, praktik sekolah, dan penelitian masa depan, menekankan perlunya pendekatan sistemik dalam implementasi SEL untuk pencegahan kekerasan di sekolah.

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Larasanti, J. ., & Radiana, U. . (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN DI SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15145–15151. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35885