KEBUTUHAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Semoyati Semoyati Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Usman Radiana Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Fazarudin Fazarudin Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35099

Keywords:

Adversity Quotient, Manajemen, Pendidikan Karakter

Abstract

Adversity quotient merupakan kombinasi penting dari keterampilan kognitif, afektif, dan motorik yang memungkinkan individu menghadapi tantangan hidup dengan efektif. Adversity quotient yang tinggi berdampak positif pada prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam meningkatkan adversity quotient siswa dan merancang model manajemen pendidikan karakter yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan adversity quotient siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D pada tahap awal dan melibatkan kepala sekolah, guru, serta siswa sekolah dasar sebagai sumber data, dengan total 50 responden yang mengisi kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aspek adversity quotient siswa yang dapat dikembangkan melalui pendidikan karakter meliputi ketangguhan, kemandirian, pengendalian diri, fokus, dan berpikir kritis; (2) Peran guru dalam meningkatkan adversity quotient siswa saat ini masih belum optimal dan memerlukan perhatian serta waktu yang lebih untuk implementasi yang tepat; (3) Dibutuhkan model manajemen pendidikan karakter yang dapat digunakan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Inovasi dari penelitian ini terletak pada perancangan model manajemen pendidikan karakter yang disesuaikan untuk meningkatkan adversity quotient siswa berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mereka. Manfaat dan pentingnya model manajemen pendidikan karakter ini mencakup peningkatan kualitas dan karakter lulusan

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Semoyati, S., Radiana, U., & Fazarudin, F. (2024). KEBUTUHAN MODEL MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13917–13927. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35099