PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DIII PERHOTELAN BERBASIS EOP DI INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL

Authors

  • Ni Made Sri Rahayu Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Putu Sri Darmayanti Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35767

Keywords:

Pengembangan Materii Pembelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Untuk Perhotelan, EOP

Abstract

Pengembangan materi pembelajaran Bahasa Inggris Diploma III Perhotelan berbasis English for Occupational Purposes (EOP) di Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa dalam konteks industri pariwisata. Tahapan metode penelitian ini akan menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan dengan tiga tahapan sebagaimana dikutip dari Sukmadinata (2008), yaitu (1) Tahap explorasi yang mencakup melakukan analisis kebutuhan terhadap materi ajar; (2) Tahap pengembangan prototype model yang meliputi mendisain model dan mengujicobakan model tersebut; (3) tahap validasi yang memuat validasi ahli. untuk mengembangkan materi yang relevan dengan kebutuhan profesional mahasiswa.Materi yang dikembangkan meliputi keterampilan berbicara, membaca, menulis, dan mendengar dalam konteks perhotelan, dengan fokus pada tema pariwisata. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen..Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi Bahasa Inggris mahasiswa, terutama dalam konteks profesional.Penelitian ini juga menekankan pentingnya analisis kebutuhan pembelajaran sebelum pengembangan materi, serta evaluasi yang sistematis untuk memastikan kualitas materi. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan program pendidikan Bahasa Inggris yang berbasis EOP di institusi pendidikan tinggi lainnya.  

References

B. Tomlinson, Material Development in language teaching, Cambridge : Cambridge University Press, 1998.

Borg,, W.R dan Gall, M.D . (1983). Educational Research: An Introduction. New York and London: Longman.

Boyd, L.H. 2000-2007 ‘Qualitative Research Methods’, [online], Retrieved from: http://www.protogenic.com/qualitative-research.html[Accessed 25 June 2008].

D. Litz, "Textbook Evaluation and ELT Management: A South Korean Case Study," Asian EFL Journal , vol. 4, pp. 1-53, 2005.

Developing English for Housekeeping Material for Students of Sun Lingua College Singaraja- Bali," The Asian EFL Journal , vol. 23, pp. 164-179, 2019.

Far, Mohammad Mohseni. 2008. On the Relationship between ESP & EGP: A General Perspective. Available athttp://www.espworld.info/Articles_17/PDF Retrieved on March 28th 2014

Graves. (2000). Designing language courses: A guide for teachers. Heinle & Heinle

Harmer, J. (1996). The Practice of English Language Teaching. London: Longman.

Hutchinson, Tom dan Alan Waters. 1987. English for Specific Purposes: A Learner- Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Noviaty, P. S., Lestari, E. A. P., & Trisnadewi, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Analisis Kebutuhan Dunia Kerja. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(1).

Saifuddin, F., Dwi, L., & Ardiansyah, S. (2021). Analisis Kebutuhan (Need Analysis) Mata Kuliah Bahasa Inggris Terhadap Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(2).http: //journal. rekarta. co.id/ index.php/jrip/

Setiawan, D., Bakhti, K., & Yuliah, S. (2017). Linguistic Analysis on English Job Ads in Indonesian Newspapers. International Journal of Language and Linguistics.

Shetty, B. R. (2018). Gap analysis of students’ experience and expectations with special reference to mba education in India. Pupil: International Journal of Teaching, Education and Learning, 2(2), 35–50.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods).

Sukmadinata, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

T. Hucitson and W. Alan, English for spesific purpose: A learning- centered approach., Cambridge : Cambridge University Press, 2008.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Rahayu, N. M. S. ., & Darmayanti, P. S. . (2024). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DIII PERHOTELAN BERBASIS EOP DI INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14528–14537. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35767