PERBANDINGAN EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN LECTURING, PROBLEM BASED LEARNING SERTA PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA DIII PERHOTELAN DI INSTITUT PARIWISATA SERTA BISNIS INTERNASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35766Keywords:
Lecturing, Problem-Based Learning, Projrct-Based Learning, Serta Kemampuan BerbicaraAbstract
Bahasa Inggris memegang peran penting pada industry pariwisata serta perhotelan. Kemampuan berbicara bahasa Inggris di program studi Diploma III Perhotelan di IPBI sangat penting bagi mahasiswa khususnya untuk menunjang perkembangan karir di industri pariwisata serta perhotelan. Tujuan penelitian guna membandingkan efektivitas tiga metode pembelajaran, yakni ceramah (lecturing). PBL, serta PjBL pada kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian mempergunakan metode desain eksperimental quasi. Hasil penelitian dibisakan masing-masing 3 metode pembelajaran bisa mengakibatkan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Metode problem Based Learning lebih efektif jika diperbandingkan lecturing methode atau ceramah, metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan pada lecturing methode, serta metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan pada metode problem Based Learning dalam menaikkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Dari ketiga metode pembelajaran tersebut jika metode Project Based Learning lebih efektif diperbandingkan 2 metode lainnya dalam menaikkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa DII Perhotelan di Institut Pariwisata Serta Bisnis Internasional.References
Ahmad, M., Putri, F. A., Hamidah, S., Nuryanah, S., & Amaliyah, F. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Confrence of Elementary Studies, 501–508.
Amara, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas V SDN Anggrek. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 105–110.
Damayanti, L. S. (2019). Peranan Keterampilan Berbahasa Inggris dalam Industri Pariwisata. Journey, 2(1), 71–82.
Loghman, A. (2018). The Effects of Mobile-Assisted Problem-based Language Learning on Speaking Proficiency of Iranian Language Learners in the Second Language. Universitas of Malaya.
Nugroho, R. M., & Harida, R. (2020). Apersepsi Pembelajaran melalui Stand-Up Comedyuntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Metode Ceramah di STKIP PGRI Ponorogo. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121.
Rochmatun, H., Sriyanto, & Setyaningsih, W. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Variasi Bermediakan Slide Power Point dan Metode Outdoor Study pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X SMA Negeri 1 Pangkah Tahun 2018. Edu Geography, 6(3), 189–197.
Sari, A., & Maharini, M. T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Ekspresi Percakapan Sehari-Hari. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(5), 1477–1486.
Trianasari, E., Sudrajat, D., Endrawati, D., Subroto, Purnama, Y., Tumiwa, J., Liria, T., & Hutauruk. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbarbasis Proyek pada Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10081–10088.
Triningsih, R., & Mawardi. (2020). Efektivitas Problem Based learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 51–56.
Zailani, H. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Ceramah terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Di SMK Teknologi Modern Kalipucang. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 215–226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Feni Aryat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.