PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD BENDA

Authors

  • Jihan Nihal Salsabila UNISNU Jepara
  • Aan Widiyono UNISNU Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34877

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis, Perubahan Wujud Benda

Abstract

Pendidikan modern menuntut peningkatan keterampilan berpikir kritis di samping penguasaan materi kognitif. Di SDN 3 Krapyak, metode pembelajaran konvensional belum optimal dalam mengembangkan keterampilan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Projek (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV tentang materi yang mengalami perubahan wujud benda. Dengan menggunakan desain kuantitatif pretest-posttest satu kelompok dan melibatkan 20 siswa sebagai sampel, analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,005, serta skor rata-rata meningkat secara signifikan dari 59 pada pretest menjadi 83 pada posttest. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara efektif dengan menghubungkan pengetahuan dengan situasi nyata serta mendukung keterampilan sosial melalui kolaborasi proyek. Oleh karena itu, PjBL terbukti sebagai metode yang berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di SDN 3 Krapyak, Jepara.

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Salsabila, J. N., & Widiyono , A. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD BENDA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14402–14408. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34877