PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TGT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI FPB DAN KPK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ayu Atika Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yolanda Rossey Hapsari SD Negeri Trangsan 03 Gawok
  • Wahdan Najib Habiby Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34824

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, TGT (Teams Games Tournaments), Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Kognitif, FPB, KPK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam materi FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Trangsan 03 Gawok dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 25 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi “observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT mampu meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Pada pra-siklus, tingkat partisipasi peserta didik sebesar 68%, meningkat menjadi 71% pada siklus I, dan mencapai 87% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar kognitif peserta didik juga mengalami peningkatan signifikan. Pada pra-siklus, 7 peserta didik dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai 57,86 dan persentase ketuntasan 28%. Pada siklus I, nilai rata-rata kognitif peserta didik mencapai 69,6 dengan ketuntasan 48%, dan meningkat menjadi 85,33 dengan ketuntasan 92% pada siklus II.” Dengan demikian, penerapan model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam materi FPB dan KPK.

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Sari, A. A., Hapsari, Y. R., & Habiby, W. N. (2024). PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TGT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI FPB DAN KPK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13815–13822. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34824