PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104261 SUKAJADI

Authors

  • Zeldha Arummi Alodiah Universitas Muslim Nusantara
  • Hasanah Hasanah Universitas Muslim Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34767

Keywords:

Model Project Based Learning, Keaktifan Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyatan di SD Negeri 104261 Sukajadi bahwa belum efektifnya kegiatan belajar mengajar, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Project Based Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 104261 Sukajadi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Two-group Design Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model Project Based Learning terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada perolehan uji hipotesis melalui uji-t pada taraf signifikan dimana Sig. (2-tailed) yaitu (0,001). Hal ini didukung dengan hasil nilai t hitung dan t tabel dinyatakan bahwa T hitung > T tabel. 10,746 > 1,70329 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran project Based learning terhadap keaktifan belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional.

References

Lestari, Nila. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) 01(01):13–23.

Pulungan, Herwina, and Hasanah Hasanah. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV SD.” Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa 6(2):22–27. doi: 10.32696/jp2mipa.v6i2.1130.

Man, Sukma, and Buton Tengah. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Fase F Kelas Xii Ipa 1 Man 1 Buton Tengah Pada Materi Sejarah Dan Peranan Kerajaan-Kerajaan Islam Terhadap Perkembangan Islam Di Nusantara Application Of.” Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan 1(2):319–25.

Alhayat, Amsal, Mukhidin Mukhidin, Tuti Utami, and Rika Yustikarini. 2023. “The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with ‘Kurikulum Merdeka Belajar.’” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7(1):105. doi: 10.20961/jdc.v7i1.69363.

Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. 2020. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4(1):1–27. doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.

Rahayu, Dita, Ari Metalin Ika Puspita, and Flora Puspitaningsih. 2020. “Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7(2):111–22. doi: 10.25134/pedagogi.v7i2.3626.3

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Alodiah, Z. A. ., & Hasanah, H. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 104261 SUKAJADI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13656–13661. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34767

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.