PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA DI KELAS IV SD NEGERI 101952 TUALANG

Authors

  • Tasya Pebrianti Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Hasanah Hasanah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34768

Keywords:

Model Project Based Learning, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi gaya di sekitar kita di kelas IV SD Negeri 101952 Tualang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV A yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes bentuk pilihan berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada perolehan uji hipotesis posttest melalui uji-t pada taraf signifikan 0,05 dimana thitung>ttabel yaitu (6,758 > 1,706) hasil ini diperkuat dengan pencapaian rata-rata nilai siswa kelas pembelajaran konvensional dengan nilai 71,34 sedangkan model Project Based Learning memperoleh nilai 83,65. Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas kegiatan siswa dapat dikategorikan baik dalam menggunakan model Project Based Learning.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Arsyad, M., & Fahira, E. F. (2023). Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. 1–23. Kendari: Eurika Media Aksara

Asytri, W., Trisiana, A., & Mustofa, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SD N Madyotaman Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 20401–20409.

Dinda Sartika, A., dkk (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 1–15.

Jasumayanti, E. (2019). Korelasi antara Pendekatan Konstruktivisme dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–13.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

LANNA, F. (2019). Karakteristikteori Konstruktivisme Dengan Model PjBL. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73.

Lestari, S., & Yuwono, A. A. (2022). Choaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Yogyakarta: Kun Fayakun

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.

Nuriyani, S., & Hasanah, H. (2022). Analisis Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Energi dan Perubahannya Di Kelas III UPT SDN 060823 Medan Amplas. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(1), 44–49.

Oktaya, I., & Panggabean, E. M. (2022). Ketepatan dan Efektivitas Penggunaan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 01(1), 10–14.

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media

Rosa, A. G. (2019). Anggit Gurnita Rosa, 2015 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2), 20–65.

Sidiq, R., Najuah, & Lukitoyo, P. suhendro. (n.d.). Model-Model Pembelajaran Abad 21. Banten: CC.AA.RIZKY

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Yogyakarta: Alfabeta

Sutikno, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran. 1–194. Mataram: Holistica

Wahyuningsih, A., & Hikmat, A. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 471.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

Pebrianti, T. ., & Hasanah, H. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI GAYA DI SEKITAR KITA DI KELAS IV SD NEGERI 101952 TUALANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13663–13667. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34768