PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA SISTEM MANAJEMEN PRODUKSI VIDEO BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Risaldi Risaldi Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Heru Sutejo Universitas Sepuluh Nopember Papua
  • Jim Lahallo Universitas Sepuluh Nopember Papua

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34735

Keywords:

Design Thinking, Produksi Video, Website, SUS

Abstract

IAM Project, sebagai rumah produksi video, menghadapi berbagai tantangan dalam mengelola proses produksi yang kompleks. Salah satu tantangan utamanya adalah ketidakefisienan dalam pembuatan dan pengelolaan laporan produksi, yang seringkali mengakibatkan kesalahan pencatatan dan keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem manajemen produksi video berbasis website dengan menerapkan metode Design Thinking. IAM Project, sebuah rumah produksi video, menghadapi tantangan dalam hal efisiensi pengelolaan produksi yang melibatkan berbagai tahap dan koordinasi antar tim. Untuk mengatasi masalah ini, metode Design Thinking dipilih karena berfokus pada kebutuhan pengguna, dengan melibatkan tahapan Empathy, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Sistem yang dihasilkan diharapkan mampu meningkatkan efisiensi operasional, meminimalkan kesalahan dan keterlambatan, serta meningkatkan transparansi dan kolaborasi antar anggota tim. Sistem yang dikembangkan dirancang dengan antarmuka pengguna (UI) yang intuitif dan pengalaman pengguna (UX) yang menyenangkan, sehingga mempermudah pengelolaan laporan produksi dan memperlancar alur kerja tim. Pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) menunjukkan bahwa sistem ini diterima dengan baik oleh pengguna dengan skor rata-rata 80,58, yang masuk dalam kategori Acceptable, Grade B, dan Excellent dalam evaluasi kegunaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Design Thinking berhasil menciptakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan operasional IAM Project, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan rumah produksi video tersebut.

References

S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci,” Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 2, 2022.

N. Alam, F. Ariani, and K. Rizal, “Penggunaan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Aplikasi Rainbow Kids,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, 2023.

D. Aryani, P. M. Akhirianto, F. Husnah, Kartini, and P. Setiawati, “IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA DESAIN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) WEBSITE EDUCATION MARKETPLACE,” J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, 2021.

A. M. Wijayanto, A. Triayudi, and A. Rubhasy, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM RANCANG APLIKASI PENANGANAN LAPORAN PENCURIAN BARANG BERHARGA DI POLSEK SUKMAJAYA,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 6, no. 2, 2021.

A. C. Widodo and E. G. Wahyuni, “Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi,” J. Autom., vol. 2, no. 2, 2021.

M. M. H. Junaedi, S. Susanti, and A. Mubarok, “Penerapan Framework Laravel Pada Aplikasi Hris (Human Resource Information System),” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 176–183, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i2.310.

H. Sutejo, “Sistem Informasi Manajemen Pegawai Berbasis Desktop (Studi Kasus: LPP RRI Jayapura),” AL-MIKRAJ J. Stud. Islam dan Hum. (E-ISSN 2745-4584), vol. 4, no. 1, pp. 932–952, Nov. 2023, doi: 10.37680/almikraj.v4i1.4219.

W. Welda, D. M. D. U. Putra, and A. M. Dirgayusari, “Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus)s,” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 4, no. 3, pp. 152–161, Nov. 2020, doi: 10.23887/ijnse.v4i2.28864.

M. Tabrani, Suhardi, and H. Priyandaru, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA UNL STUDIO DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” J. Ilm. M-Progress, vol. 11, no. 1, pp. 13–21, Jan. 2021, doi: 10.35968/m-pu.v11i1.598.

D. D. Randa, Y. M. Putra, and H. Sammir, “Implementasi framework codeigniter untuk sistem informasi potensi dan peluang investasi (studi kasus di dinas DPMPTSP provinsi Sumatera Barat),” JRTI (Jurnal Ris. Tindakan Indones., vol. 8, no. 1, pp. 87–94, Jul. 2023, doi: 10.29210/30033051000.

J. Alexander, V. Tulenan, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Aplikasi Pendataan Potensi Desa / Kelurahan Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.35793/jti.v9i1.13486.

M. Multazam, I. V Paputungan, and B. Susanto, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan Pendekatan User Centered Design,” Univ. Islam Indones., vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15528/10233

D. S. Mubiarto, R. Rizal Isnanto, and I. P. Windasari, “Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi ‘BCA Mobile’ Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. Tek. Komput., vol. 1, no. 4, pp. 209–216, 2023, doi: 10.14710/jtk.v1i4.37686.

N. R. Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, 2021.

S. Arikunto, Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara, 2006.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Risaldi, R., Sutejo, H. ., & Lahallo, J. . (2024). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA SISTEM MANAJEMEN PRODUKSI VIDEO BERBASIS WEBSITE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13555–13566. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34735