PENGARUH REPRESENTASI MEDIA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG ISU-ISU SOSIAL DAN POLITIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34600Keywords:
Representasi Media, Media Sosial, Persepsi PublikAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh representasi media terhadap persepsi masyarakat mengenai isu-isu sosial dan politik dengan menggunakan metode studi literatur. Fokus utama dari penelitian ini adalah perbandingan antara media massa tradisional dan media sosial dalam membentuk pandangan publik. Media massa tradisional, seperti surat kabar dan televisi, memiliki dampak yang stabil dan terukur pada persepsi masyarakat karena proses kurasi dan verifikasi informasi yang ketat. Sebaliknya, media sosial memungkinkan penyebaran informasi yang cepat dan luas, namun sering kali tanpa verifikasi yang memadai, yang dapat mengakibatkan dampak yang lebih dinamis dan emosional. Penelitian ini menemukan bahwa perbedaan dalam cara representasi antara media massa dan media sosial mempengaruhi cara masyarakat memahami dan merespons isu-isu sosial dan politik. Faktor-faktor sosial dan politik individu juga berperan penting dalam mempengaruhi cara informasi diterima dan diproses. Penelitian ini menyarankan perlunya pengelolaan informasi yang lebih baik di media sosial serta peningkatan literasi media di masyarakat untuk mengurangi dampak negatif dari berita palsu dan informasi yang tidak akurat.References
Alen, N. P. (2023). Transformasi media sosial dalam kompetensi komunikasi politik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5101–5109.
Azima, B. M., & Syahbani, D. B. (2024). Analisis Isi Kuantitatif Diskriminasi Berbasis Umur Terhadap Gangguan Kesehatan Mental Dalam Representasi Film ‘Kembang Api.’ Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3367–3379.
Aziza, W., Suhada, S., Rohmah, N. N., Rahmawati, E., Saudi, Y., & Ishanan, I. (2024). Peran dan Representasi Perempuan Muslim dalam Konten Digital Islami. Seminar Nasional Paedagoria, 4(1), 372–381.
Brata, T. A., Sudarmanto, E., Lubis, A. F., & Hasibuan, K. (2023). Pengaruh Resolusi Majelis Umum PBB terhadap Perlindungan Hak Asasi Manusia dalam Konflik Gaza. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(11), 1047–1056.
Endrana, M. E., & Yuliana, N. (2023). ANALISIS REPRESENTASI MEDIA TERHADAP GENDER DALAM IKLAN TELEVISI. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(4), 123–133.
Guatri, G. (2023). Analisis Representasi Visual: Kajian Kekerasan Simbolik dalam Film. Journal of Religion and Film, 2(2), 293–312.
Hernawati, T. N. D., Hasfi, N., & Sulistyani, H. D. (2023). BINGKAI MINORITAS LGBTQ DI MEDIA ALTERNATIF KONDE. CO. Interaksi Online, 11(4), 355–370.
Jamin, M. I., Mihardja, E. J., & Komsiah, S. (2024). Pemikiran dalam Studi Budaya: Analisis Ideologi, Hegemoni, dan Ekonomi Politik dalam Representasi Islam di Industri Hollywood. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 475–488.
Masrur, M. N. D., Jannah, N. I. N., & Ramsaukasa, R. M. B. (2023). Representasi Penyalahgunaan Kekuasaan dalam Menutupi Sebuah Kasus Pada Film Autobiography. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 888–905.
Mukti, I., & Asriadi, M. (2023). Representasi perempuan pada tayangan video dalam media sosial tiktok. CORE: Journal of Communication Research, 12–22.
Mulyasantosa, N. (2020). Representasi Peran Polri Dalam Persepsi Khalayak. The Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 67–80.
Najwan, R., & Azmi, F. (2023). Analisis Framing Media Detik. Com dan Kompas. Com Terhadap Isu LGBT. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 134–143.
Nusa, L. (2019). Media Sosial dan Kerukunan Umat Beragama di Bali (Representasi Masyarakat Bali Terhadap Berbagai Posting Terkait Gerakan Aksi Damai Terkait Isu Penistaan Agama di Media Sosial dan Dampaknya pada Kerukungan Umat Beragama di Bali). Komuniti, 11(1), 1–12.
Ponika, R., Siregar, N., & Puspita, R. (2020). Representasi Kritik Sosial Terhadap Polisi Pada Karikatur Di Media Sosial:(Studi Semiotika Peirce Karikatur Tentang Polisi di Akun Instagram@ Poliklitik). Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(1), 20–28.
Saksono, E. H., & Putranto, A. (2023). Media Sosial dan Komunikasi Politik: Isu Utang sebagai Komunikasi Politik di Masa Pemilihan Umum 2024. Jurnal Mahardika Adiwidia, 3(1), 14–22.
Simatupang, T. B., Kom, S. I., Simatupang, M. I. K. T. B., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2023). Analisis Sentimen dan Respon Publik terhadap Creative Entertainment. Pro Film Jurnal, 5(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Umagapi, J. L. (2020). Representasi Perempuan di Parlemen Hasil Pemilu 2019: Tantangan dan Peluang. Kajian, 25(1), 19–34.
Warsana, D., Nafsika, S. S., & Undiana, N. N. (2021). Komunikasi Seni: Representasi Masyarakat Urban di Kota Bandung dalam Bingkai Karya Seni Karya Mufty Priyanka. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(1), 16–34.
Widyaya, I., & Setiawan, W. (2023). ANALISIS FRAMING MODEL ROBERT N. ENTMAN DALAM REPRESENTASI PUBLIK FIGUR POLITIK: EPISODE’DOSA-DOSA ANIES’DI PROGRAM’KICK ANDY’METRO TV. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 3(1), 103–118.
Yoteni, A. A., Nurlatifah, N. D., & Pramana, R. (2023). Peran Media Massa dalam Mendorong Partisipasi Politik Perempuan untuk Memperkuat Demokrasi di Indonesia. Action Research Literate, 7(9), 72–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ajeng Iva Dwi Febriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.