UPAYA GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING DAN TINDAK KEKERASAN DI MI NW LENDANG BATU KECAMATAN SUKAMULIA LOMBOK TIMUR

Authors

  • Nopsya Aluramadhan Kusuma Universitas Hamzanwadi
  • Habibuddin Habibuddin Universitas Hamzanwadi
  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34573

Keywords:

Bullying,, Guru, MI NW, Tindak Kekerasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk bullying dan tindak kekerasan di kalangan siswa; (2) menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya bullying dan tindak kekerasan di kalangan siswa; (3) merefleksikan upaya guru dalam pencegahan bullying dan tindak kekerasan di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MI NW Lendang Batu Kecamatan Sukamulia Lombok Timur dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas, dan beberapa siswa. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) bentuk-bentuk bullying dan tindak kekerasan di kalangan siswa yaitu bullying verbal, (mengejek, mencela, dan mengancam) dan bullying fisik, (mendorong dan berkelahi); (2) faktor-faktor penyebab terjadinya bullying dan tindak kekerasan di kalangan siswa yaitu faktor individu, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan teman sebaya; (3) upaya guru dalam pencegahan bullying dan tindak kekerasan di kalangan siswa yaitu melaksanakan doa pagi bersama dan pemberian ceramah, memberikan motivasi, membuat tata tertib sekolah, mengawasi siswa, membuat kelompok belajar siswa, dan berkomunikasi dengan orang tua siswa.

References

Adiputra, M.S. et.al. 2021, Metodologi Penelitian Kesehatan, Yayasan Kita Menulis, Medan.

Hidayat R.A. (2019). Ilmu Pendidikan. (Medan: LPPPI).

Hurlock, E. (2021). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kamal M. (2019). GURU. (Bandar Lampung: CV Anugrah Utama Raharja).

Anggraini Noviana, (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Banding Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, (Skripsi Jurusan PGMI Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Ansor Z, Pratiwi V. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda Gebangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo, Jurnal Cendekia Pendidikan, 20.

Arianti, (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(20), 117-134.

Atmojo, B.S.R. & Wardaningsih S. (2019). Peran Guru Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Bahmada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 10 (2), 1.

Fauziyah Hidayatika. (2018). Penanganan Kasus Kekerasan dan Bullying Pada Anak Melalui Gerakan Bersama Sekolah Semarang Peduli dan Tanggap Bullying (GEBERSEPTI) Di Rumah Duta Revolusi Mental (RDRM) Kota Semarang, (Skripsi Jurusan PGPAUD Univrsitas Negeri Semarang).

Margareta T.S & Jaya M.P.S. (2020). Kekerasan Pada Anak Usia Dini (study kasus pada anak umur 6-7 tahun di Kertapati), Jurnal Ilmu Kependidikan 18(2).

Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48.

Nur U. (2019).Penanganan Perilaku Bullying (Studi Kasus di SMP Negeri 13 Makassar), (Skripsi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar.

Putri, S.R.A., Fardani, A., & Ismaya, E.A (2021). Fenomena Verbal Bullying di Masyarakat Pedawang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 792-796.

RN Faizah, Fajri N, & R. R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1 (1), 13-18.

Sari, S.I & Budiman, A. (2021). Hubungan Faktor Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda, Jurnal Borneo Student Research, 2(2), 951).

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan In CV Nata Karya 53( 9).

Yestiani, D.K & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 42.

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter, Jurnal Kreatif 9(1), 54.

Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan 3(1), 27.

Downloads

Published

2024-09-28

How to Cite

Kusuma, N. A. ., Habibuddin, H., & Burhanuddin, B. (2024). UPAYA GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING DAN TINDAK KEKERASAN DI MI NW LENDANG BATU KECAMATAN SUKAMULIA LOMBOK TIMUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 14060–14067. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34573