PENCIPTAAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA DI SDI YADINU MASBAGIK LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32839Keywords:
Budaya Sekolah, Disiplin, SDIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk penciptaan kultur sekolah di SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur, (2) menjelaskan upaya sekolah dalam menciptakan kultur sekolah untuk membentuk sikap disiplin siswa SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur, (3) merefleksikan implementasi penciptaan kultur sekolah dalam membentuk sikap disiplin siswa di SDI Yadinu Masbagik Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDI Yadinu Masbagik dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) bentuk penciptaan kultur sekolah di SDI mencakup penanaman nilai-nilai keagamaan dan akhlak yang baik sebagai fondasi, dengan melibatkan seluruh warga sekolah, seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kegiatan rutinitas, seperti upacara bendera, imtaq, dan senam pagi. (2) Upaya sekolah dalam menciptakan kultur disiplin melalui integrasi nilai-nilai disiplin dalam setiap aspek kegiatan program sekolah, dengan semua warga sekolah berperan aktif. (3) implementasi penciptaan kultur sekolah disiplin dilakukan melalui program rutin yang terstruktur dan konsisten.References
Anjarrini, K., & Rindaningsih, I. (2022). Peran kepala sekolah dalam membangun budaya sekolah sebagai unggulan sekolah Di MI Muhammadiyah 1 Jombang. Manazhim, 4(2), 452-474.
Furkan, Nuril, M.Pd (2019) Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Magnum Pustaka utama
Hernawati, L., Yuniarsih, T., & Sojanah, J. (2022). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Studi Kasus Sekolah Menengah Kejuruan Wahidin Cirebon). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 147-163.
Putri, A., Setiawati, Y., Shieh, Y.-T., & Lin, S.-H. (2022). High-Risk Internet Addiction in Adolescents During Pandemic Covid-19 and Parents’ Role. Jurnal Berkala Epidemiologi, 10(1), 11. https://doi.org/10.20473/jbe.v10i12022.11-20
Pradana, Yudha. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 1 (1), 55-67
Istiqomah, I., Dewi, S. E. K., & Kholidin, N. (2022). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 1(1), 11-19.
Kurnia, A., & Qomaruzzaman, B. (2012). Membangun Budaya sekolah. Isimbiosa Rekatama Media.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sauri, S., Sulastri, A., Hakim, A. R., & Sururuddin, M. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1167-1173.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Thoriq Halmar, Habibuddin Habibuddin, Arif Rahman Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.