PERAN BAHASA ARAB TERHADAP AL-HADIS DALAM DAKWAH ISLAM: TAFSIR DAN INTERPRETASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35514Keywords:
Bahasa Arab, Interpretasi Al-Hadis, Dakwah IslamAbstract
Studi ini mengeksplorasi peran penting bahasa Arab dalam memahami dan menyebarluaskan Al-Hadis dalam konteks dakwah Islam. Bahasa Arab, sebagai bahasa Al-Qur'an dan Al-Hadis, memiliki struktur tata bahasa yang kompleks dan nuansa semantik yang kaya. Penguasaan bahasa ini sangat penting untuk menafsirkan teks-teks agama secara akurat, yang memiliki implikasi signifikan bagi pemahaman dan praktik ajaran Islam oleh umat Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif melalui tinjauan pustaka, yang melibatkan analisis naskah Al-Hadis, tafsir, dan literatur terkait. Temuan ini menunjukkan bahwa kompetensi linguistik dalam bahasa Arab memungkinkan para sarjana dan peneliti untuk menafsirkan Al-Hadis secara akurat, menghindari kesalahpahaman, dan mengklarifikasi ajaran Islam. Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran bahasa Arab juga meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konteks sejarah dan linguistik teks Al-Hadis. Studi ini menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan konteks sosial dan budaya dalam interpretasi Al-Hadis untuk memastikan relevansi dan penerapan yang benar dalam praktik keagamaan sehari-hariReferences
Abdullah, A. (2019). Menginterpretasikan Al-Hadis: Pengaruh Bahasa Arab. Jurnal Kajian Islam Triwulanan, 15.
Al-Azami, M. M. (2003). Studies in Hadith Methodology and Literature. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.
Badi’ah, Z. (2021). Implikasi teori belajar kognitif J. Piaget dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode audiolongual. Attractive: Innovative Education Journal, 3.
Farida, U. (2020). Kontribusi dan Peran KH. Hasyim Asy’ari dalam Membingkai Moderasi Beragama Berlandaskan al Quran dan Hadis di Indonesia. Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 8(1), 1–24. https://doi.org/10.21043/fikrah.v8i1.7928
Haq, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 211–222. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937
Laely, N. H., & Kusnawati, Y. (2023). Analisis Fungsi Bahasa Arab Berdasarkan Fungsi Utama Bahasa Menurut Halliday. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 12(1).
Shiddiq, J. (2021). Pengembangan Sistem Pendidikan Bahasa Arab pada Masa Islam Klasik (Teacher Oriented ke Institution Oriented). Jurnal Qolamuna, 7(3), 51–66. https://doi.org/10.1086/694316
Siddiqi, M. Z. (2021). Hadith Literature: It’s Origin, Development & Special Features. Islamic Book Trust.
Siska Lis Sulistiani. (2018). “Perbandingan Sumber Hukum Islam”. Tahkim: Jurnal Peradaban dan Hukum Islam 1. Hal 105
Bhakti, W. P. (2016). Peranan Linguistik Terapan dalam Dakwah Multikultural di Indonesia. Religia, 61.
Husin, S. A. (2022). Integrasi Lingustik dan Kajian Kagamaan : Peran Kajian . Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 3.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasyim, S. (2018). Kebermaknaan Hidup Dalam Perspektif Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Arsyad, A. (2004). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2019). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 7(2, 127-136).
Raswan. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Elektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 187-203.
Izzan, A. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Asrori, I. (2014). Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Malang: Misykat.
Wahab, M. A. (2008). Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Jakarta Press.
AY Al-Mizzi, “Tahtheeb Alkamal Fe Asmaa Alregal”, (Beirut, 1980).
Abu Al-Husain Muslim An-Nasisabury, Shahih Muslim, (Beirut: Ihya At-Turast Al-’Araby, 2006).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Burhanuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.