PRAKTIKALITAS MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISWA FASE E SMA NEGERI 3 PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25303Keywords:
Pratikalitas,ModulAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru belum pernah membuat modul pembelajaran khususnya pada modul keterampilan menulis teks biografi karena masih minimnya pengetahuan guru tentang modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hasil pratikalitas modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Problem Based Learning siswa Fase E SMA. Pratikalitas yang dilihat adalah pratikalitas dari praktisi baik siswa maupun guru. Jenis penelitian ini adalah bagian dari penelitian pengembangan untuk melihat nilai pratikalitas modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Problem Based Learning siswa Fase E SMA. Hasil dari penelitian ini adalah modul pembelajaran menulis teks biografi berbasis Problem Based Learning siswa Fase E SMA yang praktis untuk diujicobakan pada kelas bahasa Indonesia Fase E SMA N 3 Pariaman. Berdasarkan hasil analisis data terhadap lembar praktikalitas oleh guru, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 88,75 dengan kategori sangat praktis secara keseluruan. Untuk indikator 1 kemudahan dalam menggunakan modul dengan nilai pratikalitas 93,33 dengan kategori sangat praktis, Untuk Indikator 2 efisien waktu diperoleh nilai pratikalitas sebesar 87,50 dengan kategori sangat praktis. Untuk indikator 3 diperoleh nilai pratikalitas sebesar 93,75 dengan kategori sangat praktis. Ketiga, berdasarkan hasil analisis terhadap lembar praktikalitas oleh siswa, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 85,07 dengan kategori sangat praktis secara keseluruhan. Untuk indikator 1 kemudahan dalam menggunakan modul dengan nilai pratikalitas 86,10 dengan kategori sangat praktis, Untuk Indikator 2 efisien waktu diperoleh nilai pratikalitas sebesar 79,76 dengan kategori praktis. Untuk indikator 3 diperoleh nilai pratikalitas sebesar 85,71 dengan kategori sangat praktis.References
Asih, Findiyani Ernawati, Sri Poedjiastoeti, Achmad Lutfi, and Dian Novita. 2022. “Journal of Technology and Science Education The Practicality And Effectiveness Of Case Study-Based Module On Chemical Thermodynamics Course ( Ideal And” 12 (2): 466–83.
Fauzan, Moh. 2021. “Pengembangan Modul Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII, 643–54.
Gusriani Atika dkk, 2022 dengan judul “Praktikalitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual di SMAN 1 Lengayang” Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). : Jurnal Bahasa/Vol. 11/edisi September/Tahun 2022.
Marlini dkk. 2019. Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tunas Bangsa Vol. 6, No.2 Dikutip tanggal 16 Juni 2023.
Sangadji dan Sopiah. 2016. Metodologi Penelitian: Pendekan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta : Andi.
Suciati, Rizkia, Abdul Gofur, Herawati Susilo, and Umie Lestari. 2022. “Development of Textbook Integrated of Metacognition, Critical Thinking, Islamic Values, and Character.” Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi 12 (4): 20–28. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.03.
Suherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susilawati. 2021. Validitas Dan Praktikalitas Modul Kimia Berbasis Poe (Predict,Observe,Explain) Materi Koloid Pada Mata Kuliah Kimia Umum. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ipa Indonesia (Jppipai) Available online: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPPIPAI e-issn: 2746 – 6191, p-issn: xxxx – xxxx.
Wicaksono, Iwan, Supeno, and Aris Singgih Budiarso. 2020. “Validity and Practicality of the Biotechnology Series Learning Model to Concept Mastery and Scientific Creativity.” International Journal of Instruction 13 (3): 157–70. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13311a.
Yanto Doni Tri Putra. 2019. "Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik" Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. Volume 19 Number 1, 2019 ISSN: 1411 – 3411 (p) ISSN: 2549 – 9815 (e) DOI: 10.24036/invotek.v19vi1.409.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lidia Sri Rahayu, Rahayu Fitri, Ria Satini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.