STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SDN 8 SYAMTALIRA ARON

Authors

  • Dewi Murni Universitas Almuslim
  • Marwan Marwan Universitas Almuslim
  • Siraj Siraj Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34187

Keywords:

Strategi, Perumusan, Impelemntasi, Evaluasi, Pendidikan Karakter Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Pendidikan karakter islami di SDN 8 Syamtalira Aron, dimana ruang lingkup dari strategi yaitu Perumusan, Implementasi dan Evaluasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana metode pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitia ini yaitu: 1) Kepala Sekolah Melakukan Perumusan Strategi (Strategy Formulation) dengan sangat baik Adapun tahapan awal yang dilakukan pada proses strategi, yang meliputi: a. pengembangan visi dan misi b. identifikasi peluang eksternal organisasi dan ancaman c. menganalisa kekuatan dan kelemahan internal dengan cara; Evaluasi kurikulum dan materi pembelajaran, . d. merumuskan tujuan jangka panjang. e. menghasilkan strategi alternative. f. memilih strategi tertentu untuk mencapai tujuan. 2) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami di SD Negeri 8 Syamtalira Arun kepala sekolah melakuakn melalui pendekatan yang menyeluruh dan konsisten di berbagai aspek kehidupan sekolah. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pembelajaran sehari-hari, membiasakan adab Islami, memberikan teladan yang baik, dan melibatkan orang tua serta komunitas, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembentukan karakter Islami yang kuat. Melalui implementasi yang terstruktur dan evaluasi berkelanjutan, tujuan pendidikan karakter Islami yang diinginkan akan lebih mudah tercapai. 3) Evaluasi pendidikan karakter Islami di SD Negeri 8 Syamtalira Arun dilakukan oleh kepala sekolah secara holistik dan melibatkan berbagai metode dan pemangku kepentingan. Melalui observasi langsung, refleksi, survei, penilaian rubrik, diskusi kelompok, umpan balik dari orang tua, dan data empiris, sekolah dapat memperoleh gambaran yang komprehensif tentang efektivitas program yang dijalankan. Hasil evaluasi ini kemudian digunakan untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan, memastikan bahwa pendidikan karakter Islami berjalan efektif dan berkelanjutan, membentuk siswa yang berakhlak mulia, beriman, dan bertakwa.

References

Sule, E. T., dan Saefullah, K. 2010. Pengantar Manajemen. Edisi 1. Jakarta: Kencana Predana Media Group. ISBN: 979-3456-75-1.

Abdullah, Ma'ruf 2019. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Aswaja Presindo.

Baharuddin. (2009). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yulius Mataotun. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Ismafa.

Mudrajad, Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta

Kusumadmo, E. 2013. Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta : Cahaya Atma Pustaka.

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Zubaedi. (2012). Design Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Murni, D. ., Marwan, M., & Siraj, S. (2024). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SDN 8 SYAMTALIRA ARON. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12679–12685. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34187

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)