STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SDN 8 SYAMTALIRA ARON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34187Keywords:
Strategi, Perumusan, Impelemntasi, Evaluasi, Pendidikan Karakter IslamiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Pendidikan karakter islami di SDN 8 Syamtalira Aron, dimana ruang lingkup dari strategi yaitu Perumusan, Implementasi dan Evaluasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana metode pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitia ini yaitu: 1) Kepala Sekolah Melakukan Perumusan Strategi (Strategy Formulation) dengan sangat baik Adapun tahapan awal yang dilakukan pada proses strategi, yang meliputi: a. pengembangan visi dan misi b. identifikasi peluang eksternal organisasi dan ancaman c. menganalisa kekuatan dan kelemahan internal dengan cara; Evaluasi kurikulum dan materi pembelajaran, . d. merumuskan tujuan jangka panjang. e. menghasilkan strategi alternative. f. memilih strategi tertentu untuk mencapai tujuan. 2) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami di SD Negeri 8 Syamtalira Arun kepala sekolah melakuakn melalui pendekatan yang menyeluruh dan konsisten di berbagai aspek kehidupan sekolah. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pembelajaran sehari-hari, membiasakan adab Islami, memberikan teladan yang baik, dan melibatkan orang tua serta komunitas, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembentukan karakter Islami yang kuat. Melalui implementasi yang terstruktur dan evaluasi berkelanjutan, tujuan pendidikan karakter Islami yang diinginkan akan lebih mudah tercapai. 3) Evaluasi pendidikan karakter Islami di SD Negeri 8 Syamtalira Arun dilakukan oleh kepala sekolah secara holistik dan melibatkan berbagai metode dan pemangku kepentingan. Melalui observasi langsung, refleksi, survei, penilaian rubrik, diskusi kelompok, umpan balik dari orang tua, dan data empiris, sekolah dapat memperoleh gambaran yang komprehensif tentang efektivitas program yang dijalankan. Hasil evaluasi ini kemudian digunakan untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan, memastikan bahwa pendidikan karakter Islami berjalan efektif dan berkelanjutan, membentuk siswa yang berakhlak mulia, beriman, dan bertakwa.References
Sule, E. T., dan Saefullah, K. 2010. Pengantar Manajemen. Edisi 1. Jakarta: Kencana Predana Media Group. ISBN: 979-3456-75-1.
Abdullah, Ma'ruf 2019. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Aswaja Presindo.
Baharuddin. (2009). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Yulius Mataotun. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Ismafa.
Mudrajad, Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta
Kusumadmo, E. 2013. Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta : Cahaya Atma Pustaka.
David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis: Konsep-konsep. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Zubaedi. (2012). Design Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Murni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.