PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE BERBASIS KECERDASAN BUATAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PROSES BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33045Keywords:
Kecerdasan Buatan, Aplikasi Mobile, Efisiensi Proses BisnisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan aplikasi mobile berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efisiensi proses bisnis. Menggunakan metode studi literatur, penelitian ini mengidentifikasi potensi, manfaat, dan tantangan yang dihadapi dalam integrasi AI ke dalam aplikasi mobile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI dalam aplikasi mobile dapat memberikan berbagai keuntungan, termasuk otomatisasi tugas, analisis data real-time, dan personalisasi layanan yang lebih baik. Aplikasi mobile berbasis AI mampu mengurangi biaya operasional, meningkatkan produktivitas, dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan di berbagai sektor. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat tantangan signifikan dalam integrasi AI, seperti kebutuhan akan infrastruktur teknologi yang kuat, masalah privasi data, serta resistensi dari karyawan terhadap perubahan yang diakibatkan oleh otomatisasi. Penelitian ini menyajikan sebuah model konseptual yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis AI secara efektif, dengan mempertimbangkan aspek teknis dan non-teknis. Model ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memanfaatkan AI secara optimal untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi dalam operasional bisnis mereka. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya penelitian lebih lanjut untuk memahami dampak jangka panjang dari penerapan AI dalam aplikasi mobile dan bagaimana teknologi ini dapat terus berkembang seiring waktu.References
Andini, W., Masitoh, R. D., Harati, C. C., Sari, N. N. K., & Pranatawijaya, V. H. (2024). IMPLEMENTASI SISTEM JUAL BELI KOPI BERBASIS MOBILE ANDROID DENGAN PENGGUNAAN API OPENAI UNTUK GENERATE DESKRIPSI PRODUK KOPI. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 7604–7607.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Dissurul, N. S., AP, S. J. A., Sinaga, D. S., Ikaningtyas, M., & Hidayat, R. (2024). INOVASI BISNIS: PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN STRATEGI DI ERA DIGITAL. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 167–173.
Fadillah, A. (2024). Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Flutter untuk Pengenalan Objek dalam Video Real-Time. Tugas Mahasiswa Program Studi Informatika, 1(2).
Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3).
Febrian, W. D., Weraman, P., Moridu, I., Utama, I. W. K., Rukiyanto, B. A., & Arifianto, T. (2024). PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN DAN CHAT GPT DALAM PENYUSUNAN KARYA ILMIAH TERINDEKS SCOPUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 961–975.
Fidiyanti, F., Subagja, A. R., Wachyu, R. P., & Madiistriyatno, H. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Teknologi Artificial Intelegence. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1994–2001.
Fourniawan, R. H. A., Eviyanti, A., & Busono, S. (2024). PENGEMBANGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERUPA VIRTUAL ASSISTANT MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER. Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi Dan Komputer), 7(1), 53–61.
Garbo, A. G., & Latifah, H. R. (2024). Optimasi Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Melalui Penggunaan Kecerdasan Buatan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2).
Hartatik, H., Rukmana, A. Y., Efitra, E., Mukhlis, I. R., Aksenta, A., Ratnaningrum, L. P. R. A., & Efdison, Z. (2023). TREN TECHNOPRENEURSHIP: Strategi & Inovasi Pengembangan Bisnis Kekinian dengan Teknologi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kamilla, A. C., Priyani, N., Pranatawijaya, V. H., & Sari, N. N. K. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI KASIR MOBILE YANG EFISIEN. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 5966–5971.
Keraf, A. S. L., Weraman, P., Ndoen, H. I., & Syamruth, Y. K. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Demam Berdarah Dengue Berdasarkan Model Spasial di Kabupaten Sikka Tahun 2019-2021. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 13(3), 202–218.
Kiareni, C. L., Sorisa, C., Sari, N. N. K., & Pranatawijaya, V. H. (2024). IMPLEMENTASI FITUR DESKRIPSI PRODUK BERBASIS API GEMINI DALAM PENGEMBANGAN E-COMMERCE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 4231–4240.
Making, D. K., Syamruth, Y. K., & Weraman, P. (2023). LAPORAN SPASIAL DM TIPE 2 APP QGIS TAHUN 2022 DI KABUPATEN NGADA. Jurnal Pengabdian Komunitas, 2(04), 6–9.
Mardiana, R., Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & Mandasari, R. (2024). Implementasi Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan Sebagai Inovasi Untuk UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 3(1).
Muklason, A., & Suryani, A. (2023). Smart Village Desa Klagen Berbasis Aplikasi Digital untuk Pencapaian Layanan Desa Prima. Sewagati, 7(2), 148–157.
Picauly, I., Adi, A. A. A. M., Meiyetriani, E., Mading, M., Weraman, P., Nashriyah, S. F., Hidayat, A. T., Boeky, D. L. A., Lobo, V., & Saleh, A. (2023). Path analysis model for preventing stunting in dryland area island East Nusa Tenggara Province, Indonesia. Plos One, 18(11), e0293797.
Qothrunnada, N. A., Iswanto, J., Fitrotus, D., Hendratri, B. G., & Subekan, S. (2023). Transformasi Digital Lembaga Keuangan Syariah: Peluang dan Implementasinya di Era Industri 4.0. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 741–756.
Rachmat, A., & Lukitasari, S. D. (2022). Simulasi Proses Bisnis Penanganan Keluhan Dalam Implementasi Kecerdasan Buatan: Studi Kasus Aplikasi myIndihome. SMARTLOCK: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 40–44.
Rini, Y. T. (2019). Mengurai peta jalan akuntansi era industri 4.0. Jurnal Referensi: Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 7(1), 58–68.
Rosidin, R., Novianti, R., Ningsih, K. P., Haryadi, D., Chrisnawati, G., & Anripa, N. (2024). PERAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM OTOMATISASI PROSES BISNIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9320–9329.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044
Virtalioka, S., Vernanda, D., & Nurpazri, A. R. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI RENTAL MOBIL DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT BERBASIS MOBILE. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 3(3), 90–97.
Wahyuni, M. M. D., Syamruth, Y. K., Manurung, I. F. E., Weraman, P., & Pareira, M. I. R. D. (2023). Pemberdayaan Keluarga dalam Meningkatkan Self Care Pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) di Daerah Lahan Kering Kepulauan. Genitri Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 2(2), 107–116.
Weky, N., Syamruth, Y., & Weraman, P. (2023). Pemetaan Risiko Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Kupang dengan Local Moran’s Index (LISA). Jurnal Pengabdian Komunitas, 2(04), 10–17.
Weraman, P. (2024). PENGARUH AKSES TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PRIMER TERHADAP TINGKAT KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PEDESAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9142–9148.
Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 748–754.
Yogaswara, R. (2019). Artificial Intelligence Sebagai Penggerak Industri 4.0 dan Tantangannya Bagi Sektor Pemerintah dan Swasta. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 10(1), 67–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dicky Andika Sulaeman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.