PENGEMBANGAN ALGORITMA PEMROSESAN BAHASA ALAMI UNTUK APLIKASI CHATBOT DALAM PELAYANAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29634Keywords:
Algoritma Pemrosesan Bahasa Alami, Chatbot, Pelayanan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan algoritma pemrosesan bahasa alami untuk aplikasi chatbot dalam pelayanan pelanggan. Metode studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan dan teknik dalam NLP serta mengidentifikasi tantangan utama dalam pengembangan chatbot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang menggabungkan pemodelan bahasa, pemahaman konteks, dan analisis sentimen cenderung memberikan hasil yang lebih baik dalam pengembangan chatbot yang efektif. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan aspek keamanan data dan privasi pengguna dalam pengembangan chatbot. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya evaluasi dan validasi dalam menguji kinerja chatbot dalam situasi yang realistis. Implikasi penelitian ini adalah memberikan landasan yang kokoh bagi pengembangan chatbot yang responsif dan efektif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital ini.References
Ajiz, M. F., Ramadan, M. F. S., Mutia, H. D., & Yanuari, P. D. (2023). Pengembangan Aplikasi Chatbot Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Metode Artificial Intelligence Markup Language (AIML). Media Jurnal Informatika, 15(2), 143–148.
Almustaqim, A., & Toscany, A. N. (2022). Perancangan Sistem Chatbot Sebagai Virtual Assistant Pada PT. Everbright Jambi. SKANIKA: Sistem Komputer Dan Teknik Informatika, 5(2), 228–239.
Aman, A. (2021). SISTEM INFORMASI PEMASARAN PERUMAHAN DENGAN FITUR CHATBOT PADA PT. ABIDZAR ARTANA MANDIRI. SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains Dan Humaniora), 3(1), 256–266.
Anindyati, L. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi Pemeliharaan Aplikasi (Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik), 10(2), 291–300.
Diantoni, C., Mufidah, R., & Triana, H. (2024). MEMBANGUN CHATBOT UNTUK INFORMASI MAGANG DAN STUDI INDEPENDEN KAMPUS MERDEKA DENGAN ALGORITMA NAIVE BAYES. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 1389–1397.
Fadhillah, R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Penyedia Informasi Layanan Imunicare Pada Pt Bio Farma (Persero) Menggunakan Chatbot. Universitas Komputer Indonesia.
Husamuddin, H., Prasetyo, D. B., & Rustamadji, H. C. (2020). Otomatisasi Layanan Frequently Ask Questions Berbasis Natural Langugae Processing Pada Telegram Bot. Telematika: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 17(2), 145–157.
Imamah, F., & Dores, A. (2018). Aplikasi chatbot (milki bot) yang terintegrasi dengan web CMS untuk customer service pada UKM MINSU. Jurnal Cendikia, 16(2 Oktober), 100–106.
Maitri, A. (2019). Rancang Bangun Chatbot sebagai Pusat Informasi Lembaga Kursus dan Pelatihan Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing. University of Technology Yogyakarta.
Muliyono, M. (2021). Identifikasi Chatbot dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing. Universitas Putra Indonesia YPTK.
Muzakir, U., Baharuddin, B., Manuhutu, A., & Widoyo, H. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi: Tinjauan Literatur Tentang Aplikasi, Etika, dan Dampak Sosial. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1163–1169.
Ramayani, E. (2023). Pengembangan Perangkat Kecerdasan Buatan untuk Pengenalan Suara dan Bahasa Alami. Tugas Mahasiswa Elektro, 1(1).
Rizki, M., Fitriansyah, A., & Narji, M. (2023). Aplikasi Chatbot Sebagai Layanan Live Chat untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Word Stemming dengan Regular Expression Pattern Matching. JEIS: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 3(2), 50–62.
Rohim, A., Irfani, M. H., Ramadhan, M., & Ubaidillah, U. (2023). Penerapan Metode Text Mining dengan Chatbot Questions And Answer pada PT PLN (Persero) Sumatera Selatan. Klik-Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 59–67.
Said, M. A., Sibyan, H., & Hasanah, N. (2024). Layanan Pelanggan Berbasis Natural Language Processing Melalui Chatbot Pada UKM NQ Water Menggunakan Naïve Bayes Algorithm. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 9(1), 10–21.
Salamun, S., & Aprialdo, A. (2024). Optimasi Chatbot dengan Pemanfaatan Natural Language Processing. Jurnal Komputer Terapan, 10(1), 17–26.
Siagian, S. T. H. (2024). STUDI KOMPARATIF KINERJA ALGORITMA PEMROSESAN BAHASA ALAMI DALAM SISTEM CHATBOT. Tugas Mahasiswa Program Studi Informatika, 1(1).
Suciati, S., Haqi, B., & Yulistyanti, D. (2024). Aplikasi Chatbot Pelayanan Informasi pada Client PT. Solusi Cipta Intitama. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 4(01), 46–53.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.
Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.
Zakariya, F., Zeniarja, J., & Winarno, S. (2024). Pengembangan Chatbot Kesehatan Mental Menggunakan Algoritma Long Short-Term Memory. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 8(1), 251–259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rosidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.