PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Munif Shaleh Universitas Ibrahimy
  • Asmuki Asmuki Universitas Ibrahimy
  • Mahmudi Mahmudi Universitas Ibrahimy
  • Junaidi Junaidi Universitas Ibrahimy

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32826

Keywords:

Al-Ghazali, Kurikulum, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini mengulas butiran pemikiran al-Ghazali tentang desain kurikulum pendidikan Islam. Referensi utama dalam penelitian kepustakaan ini adalah karya agung al-Ghazali yaitu Ihya 'Ulum al-Din dan risalah tipis dengan judul Ayyuha al-Walad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembangan kurikulum Islam dalam pandangan al-Ghazali. Dari penelitian ini, peneliti mengetahui bahwa tujuan pendidikan Islam adalah untuk menyucikan diri yang dapat ditempah tidak hanya dalam ibadah, tetapi juga dapat diambil dalam mu'amalah, sehingga tidak boleh ada dikotomi antara ilmu duniawi dan akhirat dalam kurikulum pendidikan Islam. Namun demikian, al-Ghazali tidak menjelaskan tentang sistem evaluasi yang dapat digunakan dalam pendidikan Islam. Dalam butiran pemikiran al-Ghazali, ia telah mengindikasikan penyediaan bahan yang berbeda yang diperlukan untuk siswa dan pelajar dewasa melalui konstruksi dan klasifikasi ilmu pengetahuan yang ditawarkan.

References

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Abdulai Kaba dan Ibrahem Narongratsakhet. (2011). Ghazali’s Thoughts on Education. Internal Journal of Arts & Sciences, 160.

Abdurrahmansyah. (2002). Sintesis Kreatif: Pembaharuah Kurikulum Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi. Global Pustaka.

Avner Giladi. (1987). Islamic Educational Theories in The Middle Ages: Some Methodological Notes with Special Reference to al-Ghazali. British Society for Middle Eastern Studies, 14(1), 8.

Fatkhul Mubin. (2020). Nalar Bayani, Irfani, dan Burhani dan Implikasinya Terhadap Keilmuan Pesantren. OSFPREPRINT S, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/ptcse

Hasan Asari. (1999). Nukilan Pemikiran Islam Klasik, Gagasan Pendidikan al-Ghazali. Tiara Wacana.

M. Arifin. (1994). Pendidikan Islam dalam Arus Dinamika Masyarakat: Suatu Pendekatan Filosofis, Pedagogos, Psikologis, dan Kultural. Golden Trayon Press.

M. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.

Muhammad al-Ghazali. (2010). Ayyuha al-Walad. Dar al-Basya’ir al-Islamiyah.

________. (n.d.). Ihya’ Ulum al-Din, jld. III. al-Haramain.

Muhammad Jawwad Ridla. (2002). Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. PT. Tiara Wacana.

Muhammad Munir Sa’d al-Din. (1996). al-Tarbiyah al-Islamiyah inda al-Imam al-Ghazali. Maktabah al-Ashriyah.

Naji Tamer & Abdurrahman ibn Barikah. (n.d.). al-Manahij al-Ta’limiyah wa al-Taqwim al-Tarbawiy. tp.

Oemar Hamalik. (2007). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Rosdakarya.

Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Arruz Media.

Umar al-Syaibani. (1988). Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah. Dar al-Arabiyah li al-Kuttab

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Shaleh, M. ., Asmuki, A., Mahmudi, M., & Junaidi, J. (2024). PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11766–11773. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32826