MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR

Authors

  • Lesi Lesiani Universitas Primagraha
  • Farida Ariyani Kangiden Universitas Primagraha
  • Arip Arizal Mustahidin Universitas Primagraha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32737

Keywords:

Kecerdasan Naturalis, Lingkungan Sekitar, Anak Usia 5-6 Tahun.

Abstract

Kecerdasan naturalis merupakan kecerdasan yang mencakup banyak kecakapan dalam mengenali dan mengklasifikasikan flora, fauna, serta bentuk-bentuk alam lainnya. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai salah satu bentuk dari kegiatan bermain diyakini dapat memberikan manfaat bagi kecerdasan naturalis anak dalam memahami segala hal yang ada di lingkungan sekitar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan kegiatan pemanfaatan lingkungan sekitar dan peningkatan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang menggunakan model Kemmis dan MC Taggart. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan naturalis anak berkembang secara signifikan setelah diterapkannya kegiatan pemanfaatan lingkungan sekitar. Kecerdasan naturalis anak menunjukan persentase sebesar 53% pada siklus I dari hasil pra penelitian sebesar 27% kemudian kembali meningkat sebesar 77% pada siklus II. Demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan pemanfaatan lingkungan sekitar berhasil meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Panyaungan, Lebak - Banten.

References

Armstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intellegencenya. Jakarta: Gramedia.

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2015. Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.

Gasem, Ahmed Alseed. 2012. The Relation Between Multiple Intellegences Theory and Mhetod of ELT (International Journal Learning and Teaching: Academic World Education and Research Centre).

Juniarti, Yenti. 2015. Vol.9 Edisi 2 Tahun 2015. Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Maria, Dewi U.R Vol.3. No.1 Tahun 2014. Pengaruh Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Sebagai Sarana Meningkatkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kecamatan Gunung Pati-Semarang. Early Childhood Educations Papers (BELIA).

Rachmawati, Yeni & Kurniati. 2005. Strategi Perkembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Saripudi, Aip. Vol.3 No.1 2017. Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Sholeh, Khabib., dkk. 2016. Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subakti, Hani., dkk. 2022. Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Yayasan Kita Menulis

Uno, Hamzah. dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wihardjo, Sihadi Darmo & Rahmayanti. 2021. Pendidikan Lingkungan Hidup. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Wulandari, Fajar. Vol.3 N0.2 Tahun 2020. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Education Review and Research.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multipple Intellegences. Jakarta: Dian Rakyat.

Yusuf, Syamsu. 2012. Perkembangan Pesreta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zaman, Badru., dkk. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

Lesiani, L. ., Kangiden, F. A. ., & Mustahidin, A. A. . (2024). MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11625–11632. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32737