IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MASA PENDEMIC COVID 19 PADA GURU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MADIUN

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MASA PENDEMIC COVID 19

Authors

  • Astri Eka Rahmawati Universitas PGRI Madiun
  • Siti Zubaidah Handriani Universitas PGRI Madiun
  • Anisa Anggun Setyaningsih Universitas PGRI Madiun
  • Ervinda Ika Nur Aysah Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3216

Keywords:

Implementasi, Kurikulum 2013, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada Guru tingkat sekolah menengah atas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu metode penelitian yang menuntut pengunaan banyak angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data yang telah didapat serta penampilan hasilnya. Pada penelitian ini media atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan angket dan responden mengisi angket tersebut. Didalam angket tersebut mencakup beberapa pertanyaan secara tertulis untuk para guru pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang dituju. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru SMP di Kabupaten Madiun dan objek penelitian ini adalah implementasi guru SMP di Kabupaten Madiun terhadap kurikulum 2013 yang telah diterapkan di sekolah SMP. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa

References

DefanTri. (2021, Agustus 27). Struktur Kurikulum 2013 SMP. Retrieved from defantri.com: https://www.defantri.com/2013/06/struktur-kurikulum-2013-smp.html

Frengky Neolaka, M. M. (2016). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan, 1-6.

Masyarakat, U. H. (2020, Juli 15). Implementasi Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from um.ac.id: https://um.ac.id/berita/implementasi-kurikulum-dan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid-19/

Saddan Yasir, H. A. (2021). PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MASA PANDEMI COVID-19. stituwjombang, 1-15.

salmaa. (2021, November 6). Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis, dan Langkah Melakukannya. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/penelitian-kuantitatif/

WikiPedia. (2021, September 17). Sekolah menengah pertama. Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_pertama

Yogyakarta, S. M. (2019, Desember 2). Mengenal kurikulum 2013 sebagai acuan pendidikan di Indonesia. Retrieved from sch.id: https://smamuh5yk.sch.id/mengenal-kurikulum-2013-sebagai-acuan-pendidikan-di-indonesia/

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Rahmawati, A. E. ., Handriani, S. Z. ., Setyaningsih, A. A. ., Aysah, E. I. N. ., & Darmadi, D. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MASA PENDEMIC COVID 19 PADA GURU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN MADIUN: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MASA PENDEMIC COVID 19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 338–343. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3216

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>