ORIENTASI PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Yuni Wulandari Universitas PGRI Madiun
  • Adzra Afifah Mahmuda Universitas PGRI Madiun
  • Maylinda Dwi Astuti Universitas PGRI Madiun
  • Wikan Tiyasning Ariyanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3155

Keywords:

Merdeka Belajar, Kurikulum, Pengembangan Program Pertukaran

Abstract

Program Mandiri Belajar Kampus Mandiri (MBKM) Diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian dan Pengembangan Teknologi Republik Indonesia adalah salah satu terobosannya Era pendidikan digital. Program ini memungkinkan Komunikasi siswa juga membuka batas-batas ruang kelas (Fisik) Masuk ke ruang digital. Seiring dengan semakin dewasa negeri ini, pendidikan selalu bergerak ke arah yang lebih baik, beberapa waktu lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan baru Di bidang pendidikan Indonesia, ia menyebutnya sebagai terobosan belajar mandiri. Terobosan ini memberikan filosofi pendidikan ideal yang memungkinkan guru dan siswa. Hal ini dianggap sebagai tema dalam proses pembelajaran, dan keduanya dapat bekerja sama. Metode yang digunakan adalah menyebarkan survei untuk menggali informasi dan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengorientasi kurikulum merdeka belajar. Dan juga penelitian ini bertujuan untuk perkembangan program pertukaran mahasiswa merdeka belajar di dalam negeri.

References

Dr. Wina Sanjaya, M. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Jakarta: Kencana.

Prof. Dr. Nadiroh, M. P. (2020). Merdeka Belajar : Dalam Mencapai Indonesia Maju 2045. Jakarta: UNJ PRESS.

Prof. Mohamad Ansyar, P. (2015). KURIKULUM : Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional, 13-28.

zunaidi, a., Fatmawatie, N., Natalina, S., & Mushlihin, I. (2021). Penguatan Pemahaman Dan Orientasi Kurikulum Kampus Merdeka Dalam Menyambut Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1-7.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Wulandari , Y. ., Mahmuda , A. A. ., Astuti , M. D. ., Ariyanto , W. T. ., & Darmadi, D. (2021). ORIENTASI PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 317–321. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3155

Most read articles by the same author(s)