PENGARUH MEDIA SMARTBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31551Keywords:
Media Smartbook, Hasil BelajarAbstract
Di kelas V SD, penelitian tertulis dengan teknik kuantitatif mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran Smartbook pada hasil belajar siswa tentang sistem pencernaan pada manusia. Peneliti ini termasuk dalam jenis penelitian desain kuasi eksperimen dimana terdapat kelompok pembanding pretest-posttest yang sesuai. Pembelajaran dapat menjadi lebih menyenangkan dan lingkungan kelas menjadi lebih dinamis serta produktif dengan bantuan Media Pembelajaran Smartbook ini. Tujuan pembelajaran dapat didukung oleh lingkungan belajar tersebut, diwujudkan dalam bentuk pemahaman mata pelajaran di kelas sains. Kelas V-A berjumlah 21 siswa ialah kelas eksperimen, serta kelas V-B berjumlah 21 siswa ialah kelas kontrol pada sampel penelitian tertulis. Tes (pretest dan posttest) ialah metode pengumpulan data dipakai dalam penelitian tertulis. Dengan alat SPSS versi 21, uji-t ialah pendekatan analisis data dipakai dalam studi tertulis. Hasil penelitian tertulis memperlihatkan Media Smartbook adanya pengaruh terhadap hasil belajar IPA Kelas V. Hasil uji-t, khususnya sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, memperlihatkan hal ini. Saat memeriksa landasan pengambilan keputusan, 0,000 < 0,05. Dalam menarik kesimpulan dari studi tertulis, adanya pengaruh Media Smartbook pada Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas V SDN Kepuh Kiriman 1 Waru.References
Krisdiana, (2021). Pengembangan media pembelajaran smartbook untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 7, 123–141. https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/829
Emiliana, I. W., & Alfiansyah, I. (2023). Pengembangan Media Smartbook Pada Materi Kerajaan Hindu-Budha Di Indonesia Untuk Siswa Kelas. 3(3), 489–496. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i03.1523
Ley. (2002). Desain Penelitian 46–61. https://eprints.uny.ac.id/23571/4/4%20BAB%203.pdf
Marsono et al., (2021). Pengaruh Pembelajaran Dengan Augmented Reality Smartbook terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN 2 Waluyo Kecamatan Buluspesantren. Jurnal Pendidikan Tambusa, 5, 3463–3469. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1420/1239
Mulyani et al., (2022). Pengaruh Media Smartbook Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 106–115. https://doi.org/10.31980/caxra.v2i2.2039
Naafilah. (2023). Pengaruh Edukasi Melalui Media Smartbook Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Tbc Di Kota Cimahi. https://jurnal.polkesban.ac.id/index.php/jks/article/view/1004
Nurlela, N. (2021). Pengembangan Smartbook Berbasis Informasi And Communication Technologi Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 02 Cisampih Lebak-Banten. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(November), 1627–1642. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8352
Oktaviani et al., (2022). PESBOOK: Permainan Edukatif Smartbook sebagai Media Stimulasi Motorik Halus Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(3), 335–342. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i3.387
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Elvina Paramesti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.