FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DAN PEMAHAMAN DIGITAL SEBAGAI DAYA TARIK PELANGGAN UMKM DI PUSAT PERTOKOAN GALAXY KOTA BEKASI

Authors

  • Silvia Aurel Kudubun Universitas Pertiwi
  • Rustomo Rustomo Universitas Pertiwi
  • Partimah Partimah Universitas Pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31373

Keywords:

Konsep Melayani; Peningkatan Literasi Digital; Daya Tarik Pelanggan; Maksimal Penjualan.

Abstract

Para pelaku UMKM di Grand Galaxy Park Kota Bekasi tumbuh dengan pesat dalam beberapa dekade semenjak dimulainya sarana untuk ajang berjualan produk rumahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan dan kecakapan menggunakan atas literasi digital dalam rangka menarik para pelanggan dari kalangan masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya. Merupakan penelitian survey dengan metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan terhadap seluruh pelaku UMKM di Grand Galaxy Park Kota Bekasi. Pada uji instrument dinyatakan valid dan reliabel, data menunjukkan normal dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Analisa data dengan regresi berganda dimana hubungan kuat positif dan kotribusi sangat kuat atas dua variabel independent terhadap variabel dependent. Dalam uji serentak menerima hipotesis tandingan dan menolak hipotesis mula-mula. Dapat disimpulkan bahwa seluruh pelaku UMKM di Grand Galaxy Park Kota Bekasi untuk daya tarik para pelanggan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan lebih menguasai literasi digitalnya.

References

Amin, N. F., & at.all. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol 14(No 1), 15–31.

Farooq, Q., & at.all. (2019). A Review of Management and Importance of E-Commerce Implementation in Service Delivery of Private Express Enterprises of China. SAGE Jounal, Vol 1(No 3), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2158244018824194

Fauziah, A. (2018). Deskriptif Kuantitatif. Jurnal UINSU, Vol 1 No 1, 1–9.

Gerry Amstrong, & at.all. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Philip Kot). Indeks Jakrta.

Ghozali. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss 19 (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ismah, & at.all. (2020). Digital Literacy Training in The Era of 4.0 for Small Businesses to Increase Entrepreneurship Intention. ALTRUIS:Journal of Community Services, Vol 1(No 4), 174–181. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/altruis.v1i4.13351

Jayusman, & dkk. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunkan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, Vol 7 No 1, 13–30.

Kemeninfo. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia (Pertama). Kemeninfo.

Khanza. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Simki, Vol 3(No 4), 1–8.

Khatoon, S., & at.all. (2020). The Mediating Effect of Customer Satisfaction on the Relationship Between Electronic Banking Service Quality and Customer Purchase Intention: Evidence From the Qatar Banking Sector. SAGE journals, ECNU Review of Education, Vol 4(No 3), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2158244020935887

Khodlro, & at.all. (2015). Pengaruh Daya Tarik Produk Pesaing, Prilaku Mencari Variasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Smartphone Blackberry. JIAB:Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 4(No 2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2015.8201

Kundang. (2021). Teknologi Digital (Kundang K Juman (ed.); Modul Ajar). Universitas Esa Unggul.

Nancy Tangguh Marlina Sianipar, & at.all. (2023). Hubungan Literasi Digital dengan Keputusan Belanja Online. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 12(No 1), 187–200.

Philip Kotler. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran ( dkk Adi Maulana (ed.); Keduabelas). Penerbit Erlangga.

Rustomo. (2022). Kakarakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis sebagai Karakteristik Kewirausahaan dan Lingkungan Bisnis Sebagai Faktor Pertumbuhan Usaha di Bekasi. JMBI UNSRAT, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 9(Vol. 9 No 1), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.41404

Sianipar, N. T. M., & at.all. (2023). Hubungan Literasi Digital dengan Keputusan Belanja Online. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 12(No 2), 187–200.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif. intro (Sugiyono (ed.)). Penerbit Alfabeta Bandung 2016.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (Sugiono (ed.)). Alpabeta Bandung.

Sulistiyowati, W. (2018). Kualitas Layanan:Teori dan Aplikasinya (S. B. Sartika (ed.); Pertama). UMSIDA Press.

Syah, & at.all. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Akrab, Vol 10(No 2), 60–69. https://doi.org/https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290

Tjiptono. (2015). Pemasaran strategik edisi 2 (F. Tjiptono (ed.); Edisi 2). YOGYAKARTA CV. ANDI OFFSET.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Kudubun, S. A. ., Rustomo, R., & Partimah, P. (2024). FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DAN PEMAHAMAN DIGITAL SEBAGAI DAYA TARIK PELANGGAN UMKM DI PUSAT PERTOKOAN GALAXY KOTA BEKASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9767–9779. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31373

Most read articles by the same author(s)