PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS PEMBELAJARAN TERHADAP MODERASI BERAGAMAPADA SD NEGERI 86 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31322Keywords:
Manajemen Berbasis Pembelajaran, Moderasi Beragama dan Sekolah.Abstract
Tujuan sekolah adalah memberikan layanan edukasi belajar bagi siswa maka diperlukan sistem pembelajaran untuk peningkatan mutu dan kualitas, salah satunya adalah sistim manajemen berbasis pembelajaran terhadap moderasi beragama. Penerapan manajemen ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif terhadap toleransi di sekolah serta memberikan rangsangan bagi peserta didik dan guru agar saling menghargai dan menghormati sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Angket (Kuesioner) dibagikan kepada siswa dan guru beragama Islam dan Kristen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen berbasis pembelajaran berpengaruh terhadap moderasi beragama.References
Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen Manajemen pembelajaran daring menggunakan education samrt courses. Technomedia Journal, 5(1 Agustus), 40-53.
Ardiansyah, A. (2019). Empat aturan Manajemen Kelas untuk Prilaku Guru Efektif di Madrasah. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 3(2), hlm hlm 88-96.
Fajri, Zaenol, and Sayyidatul Mukarromah. Pendidikan akhlak perspektif Al Ghazali dalam menanggulangi less moral value. Endureligia : Jurnal pendidikan Agama Islam 5.1:2021: hlm 31-47.
Rohmah, S. (2022). Manajemen pendidikan berbasis moderasi beragama dan implemntasi praktisnya diera digital.
Samsul, A. R. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), hlm 37-51.
Muhamad Syaikhul Alim dan Achmad Munib, Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah, Progress - Vol. 9, No. 2 Desember 2021
Jabar, C. S. A. (2018). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan. Modul Manajemen Pendidikan, 1-14. Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), hlm 245-256.
Abidin, Achmad Zainal. Nilai -nilai moderasi beragama dalam Permendikbud No. 37 tahun 2018. Jira: jurnal inivasi dan riset akademik 2.5:2021. hlm 729-736.
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Sutrisno, Edy. Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam 12.2 : 2019: hlm 323-348
Arifin, Nur. Pemikiran Jhon Dewey. As-Syari: Jurnal bimbingan & konseling keluarga 2.2 (2020): hlm 168-183
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, action reseach,and development. Yayasan pondok pesantren Al Mawadah Warramah Kolaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sintya Siahaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.