PENGARUH MODAL, PENGGUNAAN QRIS, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO BIDANG FASHION DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Kadek Riantika Universitas Udayana
  • Anak Agung Ketut Ayuningsasi Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30744

Keywords:

Usaha Mikro, Modal, QRIS, Media Sosial, Pendapataan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam perekonomian pada suatu negara. UMKM mempunyai peranan yang penting dalam penyerapan tenaga kerja, dan kontribusi UMKM dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB). Usaha mikro Kota Denpasar merupakan aset mandiri yang menghasilkan pendapatan bagi pemerintah kota khususnya Kota Denpasar dan memperkuat basis ekonomi daerahnya. Salah satu usaha mikro yang banyak diminati adalah fashion. Tujuan penelitian ini adalah:  1) Untuk menganalisis pengaruh modal, penggunaan QRIS, dan media sosial secara simultan terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. 2) Untuk menganalisis pengaruh modal, penggunaan QRIS, dan media sosial secara parsial terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah populasi sebanyak 6.769 unit usaha mikro dan diambil sampel sejumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu pengamatan, wawancara terstruktur, dan wawancara mendalam. Pengujian menggunakan analisis linier berganda, yaitu uji signifikan koefisien regresi secara simultan (uji F) dan uji signifikasi koefisien beta regresi secara parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal, penggunaam QRIS, dan media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. Modal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar. Pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar yang menggunakan QRIS lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan QRIS. Pendapatan usaha mikro bidang fashion di Kota Denpasar yang menggunakan media sosial lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media sosial.

References

Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(3), 750-761. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i03.p15

Alfani, M. H. (2020). The Influence of Price and Promotion on Impulse Purchases of Online Products According to Sharia Economics. Journal of Economic, Bussines and Accounting (Costing), 3(2), 365-377.

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Amalia, S. N. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran (Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Iqtishaduna, 9(1), 64-79.

Anggarini, D. T. (2022). Application of Quick Response Code Indonesian as a Payment Tool in Digitizing MSMEs. Sentralisasi, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.33506/sl.v11i1.1504

Arifah, R. N. (2015). Kendala-Kendala Pencegahan Perdagangan Pakaian Bekas Impor di Kota Malang. De Jure: Jurnal Hukum Dan Syar’iah, 7(1), 89–100.

Astiti, N. P. Y., & Gunadi, I. G. N. B. (2017). Analisis Lingkungan Perusahaan Sebagai Perencanaan Strategi Bisnis Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Kota Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 6(2).

Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 5–6.

Ayyah, H. R. A. N., & Murniningsih, R. (2021, October). Pengaruh Gaya Hidup Halal dan Self-identity terhadap Halal Fashion di Indonesia. In UMMagelang Conference Series (pp. 537-546).

Azzahra, B., & Wibawa, I. G. A. R. P. (2021). Strategi Optimalisasi Standar Kinerja UMKM Sebagai Katalis Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Middle Income Trap 2045. Inspire Journal: Economics and Development Analysis, 1(1), 75-86.

Badan Pusat Statistika. (2022). Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tahun 2022, Jakarta. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/02/25/0a2afea4fab72a5d052cb315/statistik-indonesia-2022.html (Diakses: 20 Oktober 2023)

Badriati I, Ramadhan D. Pengaruh Piutang Murabahah Terhadap Laba Bersih Bank Syariah Indonesia (BSI) Periode 2021-2022. J Al-fatih Glob Mulia. 2023;5(1):1-16.

Biswas, A. (2015). Impact of Technology on MSME Sector in India. EPRA International Journal of Economic and Business Review, 3(2), 129-134.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta: UGM Press.

Candraningrat, I. R., Abundanti, N., Mujiati, N. W., Erlangga, R., & Jhuniantara, I. M. G. (2021). The Role of Financial Technology on Development of MSMEs. Accounting, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.9.014

Carina, T., Rengganis, R. M. Y. D., Mentari, N. M. I., Munir, F., Silaen, M. F., Siwiyanti, L., ... & Setyaka, V. (2022). Percepatan Digitalisasi UMKM Dan Koperasi. Makassar: Tohar Media.

en Mamuju. GROWTH jurnal ilmiah ekonomi pembangunan, 1(2), 157-172.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.

Hardiansyah, E., Hendrianto, H., & Pefriyadi, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Curup. Palu: Institut Agama Islam Negeri Curup.

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/7492

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707-6714.

Idawati, I. A. A., & Pratama, I. G. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(1), 1–9.

Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820

Istanti, E., & Sanusi, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan UMKM Di Desa Kedungrejo, Kecamatan Jabon, Sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(2), 176–187. https://doi.org/10.25139/jkp.v4i2.2987

Juan, E., & Indrawati, L. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen Melakukan Pembayaran Menggunakan QRIS. K&K_Jurnal Manajemen, 2(1), 313–325.

Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementerian Investasi/BPKM. (2021). Jumlah UMKM di Indonesia, Jakarta. https://www.bkpm.go.id/id/info/artikel/book/buku-realisasi-investasi-tahun-2021. (Diakses 10 Oktober 2023)

ota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(02), 309.

Sari, W. P., & Irena, L. (2019). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Riantika, N. K. ., & Ayuningsasi, A. A. K. . (2024). PENGARUH MODAL, PENGGUNAAN QRIS, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO BIDANG FASHION DI KOTA DENPASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10263–10274. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30744