PENDIDIKAN QUR’ANI: KONSEP PEMBUDAYAAN AL-QUR’AN DAN PENERAPANNYA DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30700Keywords:
Pendidikan Qur’ani; Pembudayaan Al-Qur’an; Enkulturasi; Pengembangan Masyarakat Islam; Nilai-Nilai Qur’ani.Abstract
Penelitian ini mengkaji peran penting pendidikan Qur’ani dalam membentuk karakter dan moralitas individu serta mengembangkan masyarakat Islam yang harmonis dan sejahtera. Melalui pendekatan penelitian pustaka, studi ini mengeksplorasi berbagai metode pendidikan Qur’ani, termasuk pendidikan formal, nonformal, dan informal, yang bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai al-Qur’an ke dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Qur’ani tidak hanya meningkatkan pemahaman spiritual dan moral, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan budaya, membentuk etos kerja yang Islami, dan mendorong tata kelola pemerintahan yang berlandaskan nilai-nilai al-Qur’an. Evaluasi efektivitas pendidikan Qur’ani dilakukan melalui pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan studi kasus. Tantangan utama seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi dapat diatasi melalui kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat. Strategi pengembangan lanjutan mencakup inovasi dalam metode pengajaran, penggunaan teknologi, dan penguatan program berbasis komunitas. Secara kesimpulan, pendidikan Qur’ani yang holistik dan inklusif mampu memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan masyarakat yang berkarakter, adil, dan sejahtera. Studi ini menekankan perlunya evaluasi berkelanjutan dan adaptasi program untuk memastikan relevansi serta dampak positif pendidikan Qur’ani dalam konteks yang lebih luas dan dinamis.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muslim Fikri, Farid Prihandoyo , M. Misbah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




