PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ROTAR (RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30334Keywords:
Media Pembelajaran Roda Putar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 008 Palembang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran rotar (roda putar) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Desain. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes soal. Adapun sampel peneliti ini adalah kelas III. Sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 26 dan hasilnya adapengaruh media pembelajaran media rotar (roda putar) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 008 Palembang dilihat dari hasil analisis output sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh media pembelajaran rotar (roda putar) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 008 Palembang.References
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol. 8. No. 2, Hal.468- 470.
Fadhilah, N. (2021). Pengaruh Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Mengenal Pola Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 8, No. 3, Hal.644-656.
Gantina, N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Roda Keberuntungan Terhadap Motivasi. Journal Of Primary Education Global ,Vol. 1, No. 1, Hal.19-22.
Gusman , Y. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Banyubiru 01. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan , Vol.11, No. 2, Hal.51-57.
Hamzah, Utami, L. S., & Zulkarnain. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Hasil Kajian,Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika ,Vol.5, No.2, Hal. 77- 81.
Hanyani S.Pd, P. (2021). Cara Asik Belajar Bangun Datar di SD. Guepedia . Hari, B. S. (2019). Mengenal Bangun Datar. Penerbit Duta.
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan , Vol.7, No.1, Hal.68-73.
Hasan , M. (2021). Media Pembelajaran . klanten : CV Tahta Media Group.
Hasan. (2022). Implementasi model quantum teaching realitic (QTR) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didikdengan media sampah. Journal of Educational Development, Vol.2, No.4, Hal.561-570.
Hasanah , U., Safitri , I., Rukiah, & Nasution , M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Berbasis Game . Journal of Intellectual Publication ,Vol.1,No.3, Hal. 204- 211.
Hermawan S.Ag.M.Pd.I, I. (2019). Metode Penelitian Pendidkan (Kuantitatif,Kualitatif dan Mixed Method). jl. Cilombang 2 Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayana , A. F. (2021). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Madiun. Jurnal Paradigma , Vol.11, No.1, Hal.187-201.
Isjayanti , M. D., Ismaya, E. A., & Khamdun. (2023). Hasil Belajar Ipas menggunakan Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Roda Putar pada Siswa Kelas IV SD N Pati Wetan 03. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Univeristas Mandiri , Vol.9,No.2, Hal.1612-1620.
Istinawati , B., Santika , Karim , S. M., & Suparmanto. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar dalam Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab di Mts Nurul Karim NW Kebon Ayu. Journal of Arabic Education ,Vol.3,No.2, Hal. 85-97.
Juhaeni, dkk. (2022 ). Pengaruh Media Pembelajaran Roda Berputar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah . Journal of Instructional and Development Researches , Vol.2,No.5, Hal.210-216.
Komariyah, et al, S. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, Vol.4,No.2, Hal.55-60.
Kulsum, U. (2023). Model Problem-Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik. praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitia Indonesia .
Kusumaningsih, S.Pd. SD, H. (2022). Cooperative Learning Model Stad dalam Pembelajaran Bangun Datar. Semarang : Cahya Ghani Recovery .
Mashuri , S. (2019). Media Pembelajaran Matematika . Yogyakarta : 2019. Melisari, & Septihani, A. (2020 ). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Matematika Sekolah Dasar pada Materi Bangun Ruang . Jurnal Pendidikan Matematika , Vol.4,No.1, Hal.172-182.
Mulyati , S., & Haniv, E. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika , Vol.3,No.1, Hal.64-73.
Nabila , T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa . Jurnal Homepage, Vol.2,No.1, Hal.659-663.
Novianti , C. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik . SPEJ (Science and Phsics Education Journal), Vol.3,No.2, Hal.57-75.
Nur Afifah , S. M., Pratama, A., Setyaningrum, A., & Muhni, R. M. (2023). Inovasi Media Pembelajaran untuk Mata Pembelajaran Ipas . Semarang : Cahya Ghani Recovery.
Nurhafadhillah, M.pd, S. (2012). Media Pembeajaran . Sukabumi: CV Jejak. Nurinsana, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar terhadap
Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Peserta Didik Kelas 1 SDN 8 Oheo Kab. Konawe Utara . Primer Edukasia Journal , Vol.3,No.2, Hal.49-61.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Ilmu-ilmu AL-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, Vol.3,No.1, Hal.171-187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanda Nanda , Ramanata Disurya, Juaidah Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.