PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASISS SAINTIFIK PADA MATERI MENGENAL KERAGAMAN BUDAYA SEKITAR KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30280Keywords:
Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Saintifik, Pembelajaran PKNAbstract
Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis saintifik pada materi mengenal keberagaman budaya sekitar kelas V Sekolah Dasar merupakan penelitian yang bertujuan untuk dapat menghasilkan produk media pembelajaran video animasi yang valid, praktis, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik lebih mudah memahami materi PKN untuk mengenal keberagaman budaya sekitar. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pembelajaran ADDIE, lima tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil validasi validator ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi. Dari keseluruhan hasil validator mendapat rata-rata 89% dengan kriteria sangat valid, Selanjutnya hasil uji coba menggunakan Small grub dengan menggunakan 10 orang siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,8% dan kelompok besar dengan menggunakan 28 orang peserta didik memperoleh rata-rata nilai sebesar 93,5% dengan hasil penjumlahan dari kedua uji coba menghasilkan nilai sebesar 92,65% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil efektivitas yang menggunakan uji kelompok besar menghasilkan rata-rata 92,857% dengan kriteria sangat efektif.References
Abdul, R. (2021). Model Mitigasi Learning Loss Era Covid 19. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Abdul, W. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Achruldi, N. (2021). Cacatan KKN 47 Kontribusi Mahasiswa di Era Pandemi Untuk Bangsa.
Surakarta: Unisri Press.
Afnela, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Aplikasi Adobe After Effect Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV. Journal Of Civic Education, Vol 5, No 1 p. 2622-237X.
Ahmad, S. (2020). Teknologi Dan Media Pembelajaran Jilid 1. Jawa Barat: CV Jejak, Anggota Ikapi.
Akbar, I. (2023). Pran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Sulawesi: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Anang, R. (2021). Integrasi Pendekatan Saintifik dalam Pengembangan Media Pembelajaran Animasi pada Materi Kesetimpangan Kimia untuk SMA/MA. Student Online Journal, Vol 02, No 02 p. 1171-1180.
Anang, S. (2021). Riset Keperawatan. Cirebon Jawa Barat: LovRinz Publishing.
Ariyani. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Servis Bahwa Bola Voli Menggunakan Modifikasi Bola Plastik Melalui Sasaran Botol Gantung. Jolma Universitas Pgri Palembang, Vol 3, No 2 p. 66-79.
Asrul, H. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press.
Betty, B. R. (2021). Pendidikan Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Uad Press.
Cecep, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Divisi Prenadamedia Group.
Delora, A. J. (2019). Media Pembelajaran SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Dina, A. (2023). Video Animasi Berpendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI.
Jurnal Ilmiash Pendidikan Profesi Guru, Vol 06, No 01 p. 12-23.
Endang, L. T. (2020). Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama. Eneng, A. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 6, No1 p. 31-36.
Fadilah. (2021). Pendidikan Karakter. Jawa Timur: CV. Agrapana Media.
Gusti, P. N. (2023). Buku Ajar Media Tepat Guna. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN)
Hebert, A. (2023). Memuat Media Pembelajaran Online Praktis Untuk Dosen Dan Guru.
Yogyakarta: Penerbit Andi (Anggota IKAPI).
Hilda. (2023). Media Pembelajaran SD. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery.
Haslinda, V. (2021). Pengembangan Modul Pembeljaran Ilmu Kebumian Berbasis Kearifan Lokal Matanggawe Suku Tolaki Kolaka. Makassar: Irawan Massie.
Ika, M. (2018). Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar : Teori dan Praktik. Yogyakarta: VC. Budu Utama.
Indra, P. (2022). Metodologi Penelitian. Medan: UMSU Press.
Jakub, A. S. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Julhadi. (2021). Hasil Belajar Peserta Didik. Jawa Barat: Edu Publisher.
Julia, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital untuk Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV. Caraka Khatulistiwa.
Kamarudin, B. (2023). Membangun Kooprasi Yang Memberikan Manfaat Ekonomi Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Dan Spiritual. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Lise, C. (2019). Telaah Kurikulum. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Luh, C. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Muatan IPA Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasa Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol 04, No 02 p. 270-277.
Marwandi. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Maulana, L. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencanaa.
Mufarrochah. (2023). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Muhammad, J. (2019). Media Dan Teknologi Pembelajaran PPKN. Surabaya: CV.Jakad Publishing Surabaya 2019.
Muh, F. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Timur Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamzanwadi Press.
Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Oktavia, P. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumatra Utara: UMSU Press.
Panji, W. N. (2020). Evaluasi Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Dasar Pasing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol 16, No 1 p. 41-54.
Putu, P. R. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 6, No 1 p. 9-19.
Rahma, Y. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Teamatik Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IV SDN 35 Ambacang Kamba. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter, VOL 6, No 1 p. 58-65.
Rani, L. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Berbantu Aplikasi Canva Pada Materi Matematika Kelas IV SD. Journal Of Social Science Research, VOL. 3, 14254-14265.
Rista, P. D. (2023). Validasi Ahli pada Pengembangan Media Puzzle Book untuk Anak Usia 4-5.
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidik, Vol 6, No 7 p. 5286-5289.
Syafilianto. (2020). Micro Teacing di SD/MI. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Syaiful, A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Nilai Islami. Padang Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Tanzimah. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Wahana Didaktika, Vol 21, No 2 p. 337-
Tri, A. (2023). Pengembangan Lks Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Indonesia: Edupedia
Warsito, A. (2001). Pendidikan Pancasila. Solo: Tiga Serangkai.
Yayat, S. (2022). Metode Penilitian Pendidikan. Jawa Tengah: Wawasan Ilmu.
Yudi, R. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Dan R2D2. Jawa Timur: Lembaga Akademic & Research Institute.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Fitralova, Ramanata Disurya, Tanzimah Tanzimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.