PERAN PEMBELAJARAN IPAS TERIGRASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DISEKOLAH DASAR

Authors

  • Hendrizal Hendrizal Universitas Adzkia
  • Anggun Purnama S Universitas Adzkia
  • Nuria Lovita Universitas Adzkia
  • Irdawati Irdawati Universitas Adzkia
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Adzkia
  • Desma Juita Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29798

Keywords:

Integrasi Pendidikan Islam, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan implementasi pendekatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) yang terintegrasi dengan pendidikan Islam melalui sebuah peninjauan literatur kualitatif. Melalui pendekatan deskriptif analitis, penelitian ini melakukan penelusuran artikel dan jurnal nasional serta internasional yang relevan untuk mengidentifikasi tren, pendekatan, dan temuan terbaru dalam integrasi IPAS dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi IPAS dengan pendidikan Islam dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep ilmiah sekaligus memperkuat nilai-nilai moral dan spiritual dalam Islam. Hal ini mendorong perkembangan sikap berpikir kritis, apresiasi terhadap keanekaragaman alam semesta sebagai manifestasi kebesaran Allah, serta rasa tanggung jawab sosial dan lingkungan. Implikasi dari peninjauan literatur ini adalah pentingnya pengembangan kurikulum yang holistik, yang tidak hanya menggabungkan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai agama, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara komprehensif, baik secara intelektual maupun moral.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Hendrizal, H., Purnama S, A. ., Lovita, N., Irdawati, I., Ratnawati, R., & Juita, D. (2024). PERAN PEMBELAJARAN IPAS TERIGRASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DISEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8048–8053. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29798

Most read articles by the same author(s)