PERAN PEMBELAJARAN IPAS TERIGRASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DISEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29798Keywords:
Integrasi Pendidikan Islam, IPAS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan implementasi pendekatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) yang terintegrasi dengan pendidikan Islam melalui sebuah peninjauan literatur kualitatif. Melalui pendekatan deskriptif analitis, penelitian ini melakukan penelusuran artikel dan jurnal nasional serta internasional yang relevan untuk mengidentifikasi tren, pendekatan, dan temuan terbaru dalam integrasi IPAS dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi IPAS dengan pendidikan Islam dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep ilmiah sekaligus memperkuat nilai-nilai moral dan spiritual dalam Islam. Hal ini mendorong perkembangan sikap berpikir kritis, apresiasi terhadap keanekaragaman alam semesta sebagai manifestasi kebesaran Allah, serta rasa tanggung jawab sosial dan lingkungan. Implikasi dari peninjauan literatur ini adalah pentingnya pengembangan kurikulum yang holistik, yang tidak hanya menggabungkan ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai agama, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara komprehensif, baik secara intelektual maupun moral.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendrizal Hendrizal, Anggun Purnama S, Nurlia Novita, Irdawati Irdawati, Ratnawati Ratnawati, Desma Juita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.