IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DAN ?PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA ?PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23447Keywords:
Implementasi,? Multikultural Peserta Didik?.Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi pendidikan Islam dan pendidikan multikultural dalam konteks pendidikan pada peserta didik. Pendekatan ini bertujuan untuk memahami bagaimana integrasi nilai-nilai Islam dengan keragaman budaya mampu mempengaruhi pemahaman, sikap, dan perilaku peserta didik dalam lingkungan pendidikan(Mashuri, 2021). Metode penelitian yang digunakan mencakup analisis literatur, survei, dan pengamatan langsung untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang bagaimana pengajaran yang terintegrasi antara nilai-nilai Islam dengan budaya multikultural dilaksanakan, serta dampaknya pada peserta didik. Temuan penelitian menyoroti bahwa implementasi pendidikan Islam yang terbuka terhadap nilai-nilai universal seperti toleransi, keadilan, dan empati, bersamaan dengan pendekatan multikultural yang menghargai keragaman, dapat memperkaya pengalaman belajar peserta didik. Melalui pendekatan ini, peserta didik dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang pluralisme, menghargai perbedaan budaya, dan memperkuat nilai-nilai kemanusiaan yang berlaku universal. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi strategi pengajaran yang efektif dalam mengintegrasikan ajaran Islam dengan nilai-nilai multikultural dalam lingkungan pendidikan. Strategi ini mencakup penggunaan kurikulum yang terbuka terhadap keragaman, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta memfasilitasi dialog dan interaksi antarbudaya. Kesimpulannya, integrasi pendidikan Islam dengan pendidikan multikultural memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman pendidikan peserta didik. Hal ini tidak hanya memperkuat identitas keislaman, tetapi juga mendorong pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan budaya, mempromosikan kerjasama antarbudaya, dan mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang inklusif, toleran, dan menghargai keragaman dalam masyarakat yang semakin global.References
Agustina, R. (2021). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAI ( ?Studi Analisis Di AMAN 1 Krueng Barona Jaya). 1–109.?
Dr. Farida Nugrahani, M. H. (2008). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Dr. Farida ?Nugrahani, M.Hum., 1(1), 305.?
Mashuri, S. (2021). Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama ?Islam Di Daerah Pasca Konflik. Pendidikan Multikultural, 5(1), 79. ?https://doi.org/10.33474/multikultural.v5i1.10321?
Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Pendididikan yang mampu mendukung pembangunan ?yang akan datang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan peserta didik , ?sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan berbagai macam ?problem dalam kehidupan yang dihadapinya. Oleh karena itu, . Jurnal Tawadhu, ??4(1), 995–1006.?
Prasetiawati, E. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai ?Toleransi Agama di Indonesia. Tapis?: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272. ?https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876?
Rahadi, D. R. (2020). Konsep Penelitian Kualitatif,. In PT. Filda Fikrindo (Issue ?September).?
Rahman, R., Warsah, I., Amin, A., & Adisel, A. (2022). Penanaman Nilai – Nilai ?Pendidikan Multikultural Bagi Pendidik. Jurnal Literasiologi, 7(3), 94–107. ?https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.319?
Yusuf, W. F. (2018). Yusuf,Wiwin Fachrudin. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada ?Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd), 20, 263–278.?
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jon Hendri, Tuti Susanti, Weni Hamdina, Doni Aizus Idris, Hendrizal Hendrizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.