ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV

Authors

  • Muhammad Dian Ma'ruf Universitas Muhadi Setiabudi
  • Yasin Yasin Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Farhan Saefudin Wahid Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29754

Keywords:

Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi PBL, IPAS.

Abstract

Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri Padasugih 03 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pemaparan deskriptif yang menggambarkan pembelajaran berdiferensiasi melalui PBL mulai dari perencanaan sampai hasil. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan triangulasi data dari observasi, dokumentasi, dan wawancara yang diambil dalam pembelajaran kelas IV mata pelajaran IPAS di SD Negeri Padasugih 03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan analisis pembelajaran berdiferensiasi PBL dilakukan asesmen diagnostik awal guna mendukung proses kesiapan, minat, kemampuan, dan gaya belajar siswa, 2) pelaksanaan analisis pembelajaran berdiferensiasi PBL dirancang dengan gaya belajar siswa (gaya belajar visual, auditori, kinestetik melalui media dan strategi pembelajaran 3) hasil dari analisi pembelajaran berdiferensiasi PBL dilaksanakan dengan menggunakan asesmen formatif dan sumatif dengan 3 diferensiasi PBL yaitu konten, proses dan produk.

References

Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.

Setyo, R., Ahmadi, N. U. R., Studi, P., Industri, T., Teknik, F., & Surakarta, U. M. (2003). UU No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. 147–173.

Wijayanti, I. D. A. E. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. 08(September), 2100–2112.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126.

Barlian, & Yosal Iriantara. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.

Harefa, D. (2020). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. 1(2), 35–40.

Hilmi Isfil Muna, A., & Nusantara PGRI Kediri, U. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Kelas X (Tantangan Dan Harapan Pada Penerapan Kurikulum Merdeka). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1117–1124.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5.

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2010). A Differentiated Classroom. In Assessment and Student Sucess in a differentiated classroom.

Downloads

Published

2024-06-21

How to Cite

Ma’ruf, M. D., Yasin, Y., & Farhan Saefudin Wahid. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8004–8012. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29754