TRANSFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN: INTEGRASI TEKNOLOGI DAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29703Keywords:
Integrasi Teknologi, Inovasi Pendidikan, Efektivitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini mengkaji dampak integrasi teknologi dan inovasi dalam manajemen pendidikan terhadap efektivitas pembelajaran di Provinsi Jawa Barat. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan dari 200 responden di berbagai sekolah melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, meningkatkan kualitas pengajaran, dan memperluas akses informasi. Teknologi juga memungkinkan personalisasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Namun, tantangan terkait infrastruktur dan kesiapan guru tetap signifikan. Pengalaman selama pandemi COVID-19 menegaskan efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan dukungan teknologi yang memadai. Peran pemerintah sangat penting dalam mendukung transformasi ini melalui kebijakan, pendanaan, dan program pelatihan bagi guru. Secara keseluruhan, integrasi teknologi dalam pendidikan merupakan langkah penting menuju sistem pendidikan yang lebih inklusif, efisien, dan adaptif, yang mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dan peluang di abad ke-21References
Ahmed, M. M., Aini, H. H., Tambi, F., & Kamal, H. M. (2021). The challenges of secondary level business education in bangladesh. Jurnal Pendidikan, 22(1), 58-70. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.1431.2021
Amir, R., Amri, M. A. L., & Gaffar, F. (2021). Penerapan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan warga belajar dalam menangulangi penularan Covid-19 pada penyelenggaraan pendidikan nonformal. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 151.
Andri, R. M., & SP, M. P. (2017). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122-129.
Aulia, U., Efriyanti, L., & Munardi, A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar bimbingan tik pada kelas x di sman 1 batahan. Cendekia Jurnal Ilmu Sosial Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 140-148. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.677
Chotimah, C., Utomo, A., & Wahyuni, S. (2021). Analisis pengaruh edmodo terhadap minat belajar siswa smp pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Optika Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 45-51. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.935
Defriansyah, D., Sari, D. P., & Puspitasari, R. (2023). Motivasi Dan Keterlibatan Dalam Lingkungan Belajar Digital: Wawasan Dari Psikologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3).
Dito, S. and Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Endot, Z., Jamaluddin, R., Ayub, A. F. M., & Puad, M. H. M. (2021). Teacher readiness in implementing the teaching of design and technology and its relationship with self-efficacy and intrinsic motivation. International Journal of Human Resource Studies, 11(4S), 111. https://doi.org/10.5296/ijhrs.v11i4s.19234
Erina Hannawita Br Sembiring and Tanti Listiani (2023). Game based learning berbantuan kahoot! dalam mendorong keaktifan siswa pada pembelajaran matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26-40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708
Gayatri, S. and Satwika, I. (2022). Peran media sosial sebagai media sarana informasi politik. Anubhava Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu, 2(1), 273-282. https://doi.org/10.25078/anubhava.v2i1.1050
Harini, H., Prananosa, A. G., & Terminanto, A. A. (2023). Inovasi Teknologi Dalam Meningkatkan Efisiensi Manajemen Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Di Era Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12891-12897.
Heryanto, O. (2021). Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran guru dalam pendidikan jarak jauh (pjj) selama covid-19. Avant Garde, 9(2), 156. https://doi.org/10.36080/ag.v9i2.1371
Karunianingsih, D., Wahyudin, A., Utomo, A., Oktora, D., & Marwati, A. (2022). Pengembangan video media pembelajaran berbasis multimedia dan animasi bagi guru sekolah dasar. Parahita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17-28. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.59
Kholifah, N. and Irawan, E. (2021). Komparasi kemampuan menggali informasi menggunakan model direct instruction berbantuan video pembelajaran dan model kooperatif tipe jigsaw berbasis feedback pada mata pelajaran ipa. Jurnal Tadris Ipa Indonesia, 1(3), 364-374. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.148
Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Marlianti, N., Wahyunadi, .., & Harsono, I. (2017). The role of agricultural sector on the economy of west nusa tenggara (input-output analysis approach). Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 9(2), 176-190. https://doi.org/10.17977/um002v9i122017p190
Maryati, I., Sahri, A. I., Siregar, A. F., Medina, A. H., Nur Cahyani, D. I., Maulana, H. H., … & Apreela, S. N. (2023). Edukasi kesehatan gigi dan mulut serta pemanfaatan teknologi sebagai media informasi kesehatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(3), 874-882. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i3.4758
Miftah, N., Sahid, G., Syalfirah, V., & Aeni, A. (2022). Penggunaan video animasi diba (dzikir indah bersama asmaulhusna) dalam upaya meningkatkan hasil belajar asmaulhusna siswa kelas vi sekolah dasar. Edusaintek Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 9(2), 291-301. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.428
Musa, M. (2022). Implementasi literasi digital era abad 21 dalam membentuk karakter peserta didik mis soko kota pekalongan. Caruban Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(2), 161. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i2.7184
Nababan, R., Purba, G. H., Naiborhu, M., Susanto, I., Bety, C. F., Zai, E., & Revania, S. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK PROSES BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SIDIKALANG KECAMATAN SIDIKALANG KABUPATEN DAIRI. PKM Maju UDA, 3(1), 43-50.
Nahdi, D., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2022). Meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui digitalisasi pembelajaran. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.49
Nita, Y., Faulina, S., & Murti, W. (2022). Perancangan website pada kedai geulish menggunakan metode rapid application development. Elkom Jurnal Elektronika Dan Komputer, 15(2), 412-421. https://doi.org/10.51903/elkom.v15i2.923
Putri, A. N., Melani, A. R., & Nabila, S. R. (2023). Peran Managemen Agar Meningkatkan Pendidikan Bermutu di Era Digital. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 2(1), 149-161.
Putri, H. P. and Nurafni, N. (2021). Pengaruh media pembelajaran powerpoint interaktif terhadap hasil belajar ips siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538-3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi pendidikan dan transformasi digital di masa pandemi covid-19. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 21(1), 53-57.
Ramdhan, S., Saputri, F. H., & Susanto, R. (2022). Media promosi global institute berbentuk animasi di media sosial menggunakan adobe premiere. Jurnal Tren Bisnis Global, 2(1), 20. https://doi.org/10.38101/jtbg.v2i1.487
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212-219.
Salsabila, U. H., Spando, I. I. T., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan islam. Jurnal Pendidikan, 11(1), 172-177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3207
sanjaya Gajah, E., Harahap, N. R., Kudadiri, V. O., Putri, R. A., & Dayana, R. (2024). Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2), 754-760.
Saputra, W. and Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan percaya diri siswa melalui teknik cognitive defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 14-21. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p014
Tanjung, Z. and Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003205000
Vanista, A., & Nurjamiludin, I. (2023). Kebutuhan Personal Seorang Siswa dalam Proses Pembelajaran: Perspektif Psikologi. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 238-244.
Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi dampak teknologi pembelajaran aktif di institusi pendidikan kejuruan menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 142-153. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.458
Wardaya, A., Kurniawan, N., & Siagian, T. (2022). Kebijakan publik di bidang pendidikan: pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa dengan kemampuan teknologi digital sebagai variabel mediasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 127-135. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v11i2.7332
Wulandari, H., Suherman, S., & Razali, R. (2021). Sosialisasi sistem informasi berbasis web dalam meningkatkan pengelolaan data akademik sekolah menengah kejuruan madani marendal i. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 313-317. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1150
Zaitseva, K., Burkovska, Z., Kornienko, L. P., Nikolska, N., & Moroz, O. (2021). Interactive technologies for motivating students to learn foreign languages. Laplage Em Revista, 7(3B), 311-318. https://doi.org/10.24115/s2446-6220202173b1551p.311-318
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Baharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.