ANALISIS KESULITAN PEMELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN BIPA DALAM PEMBELAJARAN SECARA DARING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29640Keywords:
Kesulitan, Pengajar, Pemelajar BIPA, Daring.Abstract
Dalam pembelajaran secara daring pada pemelajar BIPA tentu akan mengalami kendala salah satunya tidak semua siswa memperhatikan pengajar pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pengajar bipa pada pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Metode yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemelajar BIPA level 2. Data penelitian ini diambil dari hasil literatur dan pengalaman pengajar BIPA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala jaringan yang menyebabkan tampilan layar salindia tidak terlihat jelas, pemelajar yang tidak fokus dan terkadang abai, serta kesulitan dalam pelafalan huruf tertentu akibat kendala jaringan yang menghambat praktik pelafalan yang benar. Simpulannya adalah Kesulitan dalam melafalkan kata-kata kompleks dan memahami materi imbuhan juga menjadi kendala, ditambah dengan masalah dalam membaca teks dan menjawab pertanyaan akibat koneksi internet yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan strategi khusus seperti penyederhanaan materi, penggunaan metode interaktif, dan peningkatan dukungan teknis untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif.References
Endraswara, S. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Kusmiatun, A. (2018). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.
Moore, M. G., & Kearsley, G. (2011). Distance Education: A Systems View of Online Learning. Belmont: Wadsworth.
Nasution, Jamaluddin. “Analisis Kesulitan Bahasa Indonesia Bagi Pemelajar Di Samsifl Uzbekistan Pada Empat Keterampilan Berbahasa.” MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan 17.2 (2019): 111-120.
Permendikbud. (2017). Permendikbud Nomor 27 Tahun 2017 (Vol. 7, Issue 9, pp. 27–44).
Salahuddin, Salahuddin. “Analisis kesalahan pengucapan kosakata bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA tingkat dasar di INCULS UGM Yogyakarta." Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) 4.1 (2022): 82-98.
Singh, H., & Thurman, A. (2019). How Online Learning is Remaking the World of Education. Education and Information Technologies, 24(3), 1293-1323.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press
Suyitno, Imam. (2008). Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).Diksi, 15 (1), pp:111-119.
Tarigan, H. G. (2013). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Widianto, E. (2021). Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia oleh Pemealjaar BIPA Level Dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam. Semarang: JBIPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Patmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.