RESILIENSI GENERASI Z TERHADAP STIGMA NEGATIF MASYARAKAT DALAM BIDANG AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44098Keywords:
Generasi Z, Resiliensi, Stigma, AkademikAbstract
Generasi Z yang diidentifikasi sebagai individu yang lahir pada tahun 1997–2012 sering mendapati stigma negatif dari masyarakat baik secara langung maupun daring. Stigma negatif yang melabeli mereka sebagai generasi yang malas dan manja serta bergantung pada teknologi menempel pada mereka aspek kehidupan mereka termasuk akademik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengalaman, reaksi, resiliensi dan harapan responden sebagai perwakilan Generasi Z. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif wawancara terhadap lima responden yang aktif di dunia akademik. Pertanyaan yang diajukan menggali pengalaman, reaksi emosional, resiliensi sebagai bentuk adaptasi dan ketahanan diri. Hasil penelitian menunjukkan berbagai jawaban dari pengalaman dan pandangan. Seperti pada reaksi yang diberikan sebagai bentuk penolakan atau sikap acuh.References
Astuti, P. (2018). Penggunaan Metode Black Box Testing (Boundary Value Analysis) Pada Sistem Akademik (Sma/Smk). Faktor exacta, 11(2), 186-195.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (n.d.). Resiliensi. Dalam KBBI Daring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diakses pada 1 April 2025, dari kbbi.kemdikbud.go.id
Irawan, R., Renata, D., & Dachmiati, S. (2022). Resiliensi akademik siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 135-140.
Lolong, S. V., Sulastri, A., & Utami, M. S. S. (2025). PENINGKATAN HARGA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAPENINGKATAN HARGA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1996–2004.
Nurhaliza , D., Usman, C. I., & Putri, B. N. D. (2025). PROFIL MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME KELAS XII FASE F DI SMK NEGERI 4 SIJUNJUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2491–2498
Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 138-â.
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan x fakultas teknik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182
Setiadji, A. R. A., Kusumaningtyas, S., & Juniarti, J. E. (2023, November). Persepsi milenial terhadap stereotipe gen z. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 103-113).
Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Fitriya, P. (2019, July). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 191-197).
Sutrisno, N., Ismail, D. H., Sulaeman, I., Bakri, B., & Sopiah, S. (2024). Komunikasi Berbasis Digitalisasi Yang Efektif Bagi Gen Z Dalam Karier Dan Sosial. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 248–254.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Lana Fadhilah, Mirna Nur Alia Abdullah, Muhammad Retsa Rizaldi Mujayapura

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




