PENERAPAN K-MEANS DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEPINTARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48841Keywords:
Data Mining, K-Means, Segmentasi PasarAbstract
Di era digitalisasi, data yang melimpah menuntut metode analisis yang efektif untuk menggali informasi berharga. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah algoritma K- Means Clustering, yang berfungsi untuk mengelompokkan data berdasarkan karakteristik yang serupa. Algoritma ini bekerja dengan menetapkan jumlah cluster (K) yang diinginkan, menginisialisasi centroid, mengelompokkan data berdasarkan jarak, serta memperbarui centroid hingga mencapai konvergensi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, kelebihan, dan kelemahan K-Means, serta aplikasinya dalam berbagai bidang seperti segmentasi pasar dan pengelompokan pelanggan. Hasil implementasi algoritma menunjukkan kemampuan K-Means dalam menghasilkan cluster yang sesuai dengan pola data. Namun, kelemahannya meliputi sensitivitas terhadap inisialisasi centroid dan ketidakmampuan menangani cluster non- linear. Metode evaluasi seperti silhouette score dan inertia digunakan untuk mengukur kualitas cluster yang dihasilkan. Penelitian ini juga membahas langkah-langkah preprocessing data, termasuk normalisasi, untuk memastikan hasil clustering yang akurat. Studi kasus menggunakan dataset pelanggan e-commerce berhasil mengidentifikasi segmentasi pelanggan yang berbeda, memberikan implikasi strategis bagi perusahaan dalam menyusun kebijakan pemasaran. Dengan demikian, algoritma ini tetap relevan meski terdapat tantangan dalam penerapannya.References
MacQueen, J. (1967). Beberapa Metode Klasifikasi dan Analisis Pengamatan Multivariat. Prosiding Simposium Berkeley Kelima tentang Statistik Matematika dan Probabilitas.
Tan, P.-N., Steinbach, M., & Kumar, V. (2021). Pengantar Penambangan Data. Addison- Wesley.
Kaufman, L., & Rousseeuw, PJ (2021). Menemukan Grup dalam Data: Pengantar Analisis Klaster.
Han, J., Pei, J., & Kamber, M. (2022). Data Minin MacQueen, J. (1967). Beberapa Metode Klasifikasi dan Analisis Pengamatan Multivariat. Prosiding Simposium Berkeley Kelima tentang Statistik Matematika dan Probabilitas.
Tan, P.-N., Steinbach, M., & Kumar, V. (2021). Pengantar Penambangan Data. Addison- Wesley.
Kaufman, L., & Rousseeuw, PJ (2021). Menemukan Grup dalam Data: Pengantar Analisis Klaster.
Han, J., Pei, J., & Kamber, M. (2022). Data Mining: Konsep dan Teknik. Elsevier.
Uskup, CM (2021). Pengenalan Pola dan Pembelajaran Mesin. Peloncat g: Konsep dan Teknik. Elsevier.
Uskup, CM (2021). Pengenalan Pola dan Pembelajaran Mesin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kristin Lourensi Sitompu, Preddy Marpaung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




