EFEKTIVITAS MANAJEMEN PROSES PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SMPN 10 BATHIN SOLAPAN

Authors

  • Imas Mulyati Universitas Riau
  • Wismardi Wismardi Universitas Riau
  • Rezi Yuni Zahri Universitas Riau
  • Hendri Marhadi Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29543

Keywords:

Efektivitas, Manajemen, Proses Pembelajaran, Literasi.

Abstract

Manajemen proses pembelajaran merupakan suatu metode yang lebih memprioritaskan kepada kreativitas dan kemandirian sekolah. Manajemen proses pembelajaran mencakup sejumlah hal yang sangat kompleks mulai dari perencanaan MBS, kemudian berlanjut ke tatalaksana secara konkrit, lalu perihal evaluasi menyeluruh, dan tidak kalah penting yakni sejumlah faktor pendukung maupun penghambat terkait hasil evaluasi dari manajemen yang dilibatkan. Perlu peningkatan dari perspektif manajemen proses yang menjurus ke ranah pembelajaran dikarenakan hal tersebut sangat berkaitan dengan dasar hasil PIRLS, AKSI dan PISA mengungkapkan bahwa di Indonesia literasi peserta didik tergolong rendah. Studi ini mengemban tujuan spesifik untuk memahami terkait efektivitas manajemen proses yang dikaitkan dengan unsur pembelajaran dari segi peningkatan kemampuan literasi peserta didik di SMPN 10 Bathin Solapan. Pendekatan kualitatif sengaja ditetapkan untuk kepentingan studi ini dengan menitikberatkan aspek sesi tanya jawab langsung alias wawancara, kemudian berlanjut ke tindakan observasi dan tidak lupa melibatkan studi pendokumentasian sebagai teknik khusus demi kepentingan penghimpunan data. Adapun temuan dalam riset ini menunjukkan jika efektivitas dari manajemen proses pembelajaran, antara lain: 1) manajemen modul pembelajaran, 2) manajemen model pembelajaran, 3) manajemen penggunaan media pembelajaran dan 4) manajemen pojok baca. Manajemen proses pembelajaran efektif dalam meningkatkan literasi peserta didik di SMPN 10 Bathin Solapan.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Mulyati, I. ., Wismardi, W., Zahri, R. Y. ., & Marhadi, H. . (2024). EFEKTIVITAS MANAJEMEN PROSES PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI SMPN 10 BATHIN SOLAPAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8848–8856. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29543